ABSTRAK
Pengendalian kualitas adalah kegiatan operasional dalam sebuah proses produksi, digunakan agar dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. CV.XYZ selalu menekankan pengerjaan produk agar selalu menghasilkan produk yang baik, namun tidak menutup kemungkinan produk yang dihasilkan tidak selalu baik karena masih ada produk yang cacat selama produksi berlangsung. Salah satunya dapat dilihat dari tidak tercapainya target perusahaan yaitu banyaknya barang cacat yang dihasilkan selama produksi sebesar 7,1% dari target yang diberikan sebesar p4%. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan melakukan pengendalian kualitasnya, yaitu dengan menggunakan alat bantu peta kontrol berupa atribut, dan dengan peta kendali p untuk mengukur proporsi kerusakan pada kaos kaki selama periode Januari 2022-Maret 2022. Berdasarkan data yang diperoleh cacat terbesar ada pada cacat kategori A dengan persentase 49,8%, cacat B sebesar 26%, dan cacat C 24,2%. Dari pengolahan data menggunakan peta kendali p diketahui ada 7 dari 75 titik yang diluar batas atas maupun bawah. Dari hasil perhitungan kapabilitas proses menunjukkan bahwa kemampuan proses rendah dilihat dari hasil nilai yang dibawah dari nilai 1 yaitu CP 0,95 dan CPK (0,94, 0,96). Setelah melakukan analisa sebab akibat diketahui faktor terbesar terjadinya cacat ada pada faktor manusia dan mesin dikarenakan banyak sensor pada mesin yang tidak berfungsi, untuk usulan perbaikan diperlukan analisis 5W+1H untuk mengetahui apakah yang harus dilakukan perusahaan agar target yang diberikan bisa tercapai.
Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Peta Kendali P, Sebab Akibat
Author Biography
Erlian Supriyanto
Ketua Jurusan Tehnik Industri
Universitas Nurtanio Bandung