PENGARUH PRODUK, DISTRIBUSI DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK UMKM BINAAN KADIN JABAR PADA SITUASI COVID-19

Authors

  • Andhi Sukma
  • Nurul Hermina
  • Deden Novan

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v3i2.355

Abstract

ABSTRAKMaksud dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana produk,distribusi, digital marketing berpengaruh terhadap minat beli produk UMKM binaan Kadin Jabar dalam situasi covid-19. Metode penelitaan yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh koefisien regresi berganda baik secara simultan dan partial variable X memberikan pengaruh terhadap variabel Y sebesar 39,2%, sedangkan sisanya sebesar 60,8% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian membuktikan bahwa Produk dapat dikatakan cukup baik, berpengaruh terhadap minat beli Produk UMKM binaan Kadin Jabar sebesar 10,9%, Distribusi dapat dikatakan cukup baik, berpengaruh terhadap minat beli Produk UMKM binaan Kadin Jabar sebesar 13,2% dan Digital Marketing dapat dikatakan cukup baik, berpengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 15.1%.Kata kunci : Produk, Distribusi, Digital Marketing, Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. (2016). The Impact of Social Media Content Marketing (SMCM) towards Brand Health. Procedia Economics and Finance 37 .

Arif, M. (2018). Supply Chain Management. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Chaffey, Dave., Ellis-Chandwick, Fiona (2012). Digital Marketing. Strategy Implementation and Practice. New Jersey: Pearson.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Katawetawaraks, C. & Lu Wang. (2011). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business, 66-74.

Kotler & Keller. (2106). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N.K. (2012). Riset Pemasaran (Marketing Research). Jakarta : PT Index Kelompok Gramedia.

Mihart, C. (2012). Modelling the influence of integrated marketing communication on consumer behaviour: an approach based on hierarchy of effects concept. Social and Behavioral Sciences, 975-980.

Nikmah, O. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 47-56.

Utama, I. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. Equilibrium, V.7, N.1.

Sarwono, J; & Prihartano. (2010). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yadav, M. (2015). Mobile social media: The new hybrid element of digital marketing communications. Social and Behavioral Sciences, 335-343.

Zulganef. (2018). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Website

UKM, H. K. (2020, April 29). Saatnya UMKM Transformasi Bisnis Dari Konvensional ke Online. Diambil kembali dari serius melakukan transformasi berbisnis : http://www.depkop.go.id/read/kemenkop-dan-ukm-saatnya-umkm-transformasi-bisnis-dari-konvensional-ke-online

Kuwado, F. J. (2020, Januari 23). Terpukul Corona, Ini 5 Keluhan Para Pelaku UMKM. Diambil kembali dari (UMKM) yang terdampak wabah virus corona (Covid-19): https://money.kompas.com/read/2020/03/27/190000026/terpukul-corona-ini-5-keluhan-para-pelaku-umkm

Maulana, Y. (2017, Februari 6). UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. Diambil kembali dari Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam laju ekonomi di Indonesia: https://swa.co.id/swa/csr-corner/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital

Downloads

Published

2020-10-29

How to Cite

Sukma, A., Hermina, N., & Novan, D. (2020). PENGARUH PRODUK, DISTRIBUSI DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK UMKM BINAAN KADIN JABAR PADA SITUASI COVID-19. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(2), 91–102. https://doi.org/10.56244/manners.v3i2.355

Issue

Section

Articles