PENGARUH PRODUK, DISTRIBUSI DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK UMKM BINAAN KADIN JABAR PADA SITUASI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56244/manners.v3i2.355Abstract
ABSTRAKMaksud dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana produk,distribusi, digital marketing berpengaruh terhadap minat beli produk UMKM binaan Kadin Jabar dalam situasi covid-19. Metode penelitaan yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh koefisien regresi berganda baik secara simultan dan partial variable X memberikan pengaruh terhadap variabel Y sebesar 39,2%, sedangkan sisanya sebesar 60,8% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian membuktikan bahwa Produk dapat dikatakan cukup baik, berpengaruh terhadap minat beli Produk UMKM binaan Kadin Jabar sebesar 10,9%, Distribusi dapat dikatakan cukup baik, berpengaruh terhadap minat beli Produk UMKM binaan Kadin Jabar sebesar 13,2% dan Digital Marketing dapat dikatakan cukup baik, berpengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 15.1%.Kata kunci : Produk, Distribusi, Digital Marketing, Minat BeliDownloads
References
Ahmad, N. (2016). The Impact of Social Media Content Marketing (SMCM) towards Brand Health. Procedia Economics and Finance 37 .
Arif, M. (2018). Supply Chain Management. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Chaffey, Dave., Ellis-Chandwick, Fiona (2012). Digital Marketing. Strategy Implementation and Practice. New Jersey: Pearson.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Katawetawaraks, C. & Lu Wang. (2011). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business, 66-74.
Kotler & Keller. (2106). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Malhotra, N.K. (2012). Riset Pemasaran (Marketing Research). Jakarta : PT Index Kelompok Gramedia.
Mihart, C. (2012). Modelling the influence of integrated marketing communication on consumer behaviour: an approach based on hierarchy of effects concept. Social and Behavioral Sciences, 975-980.
Nikmah, O. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 47-56.
Utama, I. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. Equilibrium, V.7, N.1.
Sarwono, J; & Prihartano. (2010). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yadav, M. (2015). Mobile social media: The new hybrid element of digital marketing communications. Social and Behavioral Sciences, 335-343.
Zulganef. (2018). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Website
UKM, H. K. (2020, April 29). Saatnya UMKM Transformasi Bisnis Dari Konvensional ke Online. Diambil kembali dari serius melakukan transformasi berbisnis : http://www.depkop.go.id/read/kemenkop-dan-ukm-saatnya-umkm-transformasi-bisnis-dari-konvensional-ke-online
Kuwado, F. J. (2020, Januari 23). Terpukul Corona, Ini 5 Keluhan Para Pelaku UMKM. Diambil kembali dari (UMKM) yang terdampak wabah virus corona (Covid-19): https://money.kompas.com/read/2020/03/27/190000026/terpukul-corona-ini-5-keluhan-para-pelaku-umkm
Maulana, Y. (2017, Februari 6). UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. Diambil kembali dari Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam laju ekonomi di Indonesia: https://swa.co.id/swa/csr-corner/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital