https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/issue/feed MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) 2024-02-02T00:00:00+00:00 Nidya Novalia, S.E., M.M. nidyanovalia@gmail.com Open Journal Systems <p><span>MANNERS adalah sebuah publikasi karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua (2) kali dalam satau tahun yaitu bulan Maret dan Oktober. Adapun tujuan pembuatan jurnal manajemen ini adalah memberikan fasilitas bagi rekan rekan dosen untuk menyalurkan karya ilmiah dalam bidang manajemen. Selain dosen, mahasiswa, dan praktisi juga berkesempatan mengirimkan artikel. Jurnal Manajemen juga sebagai tempat bertukar karya ilmiah di bidang manajemen.</span></p><p><span><br /></span></p> https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/747 EVALUASI KESESUAIAN FASILITAS DAN PERALATAN UNIT PKP-PK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA 2024-01-10T08:25:10+00:00 Lanny Karmini karminilanny6@gmail.com Nidya Novalia nidyanovalia@gmail.com Francisca Kristiastuti francisca.lulu75@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) merupakan salah satu unit yang harus ada di setiap bandar udara. PKP-PK merupakan bagian dari bidang operasi darat dan memiliki tugas untuk menangani kecelakaan penerbangan, pemadaman kebakaran, penyelamatan dan tanggap darurat saat take-off atau landing. Standar teknis dan operasi unit PKPPK diatur berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor PR 30 tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kesesuaian fasilitas dan peralatan Unit PKP-PK berdasarkan ketentuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji kredibiltas penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi, member check dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi dan fasilitas pada unit PKP-PK Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara dikategorikan baik, dengan terpenuhinya kendaraan utama jenis foam tender, namun kondisi dan fasilitas belum sepenuhnya memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan seperti kendaraan pendukung dan peralatan penunjang dalam kondisi kurang baik serta terdapat peralatan penunjang yang belum tersedia.<br /><strong>Kata kunci:</strong> kecelakaan penerbangan, pemadam kebakaran, PKP-PK</p> 2023-01-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/712 PERAN PENINGKATAN JOB DEMANDS, JOB SATISFACTION, CALLING, DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP PENINGKATAN WORK ENGAGEMENT PARA GURU 2023-10-24T15:57:00+00:00 Lithalia Febe Harianto febelithalia@gmail.com Regi Sanjaya regi_sanjaya@ithb.ac.id Linda Gandajaya linda@ithb.ac.id Rizka Pratikna rizka.nugraha.p@unpar.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Job Demands, Job Satisfaction, calling¸ dan Perceived Organizational Support terhadap Work Engagement guru di Sekolah X Bandung. Pengambilan data pada seluruh anggota populasi, sejumlah 33 orang. Regresi linier berganda digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh dari semua varibel yang terlibat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dari kuesioner dan wawancara. Setelah data diperoleh, data diolah menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara variabel job demands, job satisfaction, calling, dan perceived organizational support terhadap work engagement guru di Sekolah X, namun secara parsial, tidak terdapat pengaruh antara variabel job demands terhadap work engagement, dan juga tidak ada pengaruh antara variabel calling terhadap work engagement. Sedangkan Job satisfaction dan perceived organizational support<br />berpengaruh signifikan terhadap work engagement guru di Sekolah X.<br /><strong>Kata kunci:</strong> Job Demands; Job Satisfaction; Calling; Perceived Organizational Support; Work<br />Engagement; Keberhasilan</p> 2023-01-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/753 PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PENGGUNAAN PRODUK PERAWATAN 2024-01-16T01:49:09+00:00 Ni Nyoman Era Hermawati Nyoman@gmail.com Kezia Kurniawati Nursalin kezia.kn@eco.maranatha.edu <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Industri perawatan kulit kian marak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara citra merek Skintific dengan tingkat loyalitas pelanggan di kalangan mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha yang menggunakan produk perawatan kulit Skintific. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori sebab-akibat dengan sampel responden berupa individu mahasiswa/i yang pernah menggunakan produk perawatan kulit Skintific di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling, dan data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh individu mahasiswa/i yang memenuhi kriteria tersebut. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan perangkat lunak SPSS 26 untuk menguji hipotesis bahwa citra merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis penelitian (H1) diterima, yakni citra merek Skintific berpengaruh sebesar 54,3% terhadap tingkat loyalitas pelanggan di kalangan mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha dalam penggunaan produk perawatan kulit.<br /><strong>Kata Kunci:</strong> Citra Merek, Loyalitas Pelanggan</p> 2023-01-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/744 PENGARUH DIGITAL MARKETING & CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CHACHA MANGO CIMAHI 2024-01-09T04:03:56+00:00 Regina Dhofirani Sunarko Sunarko@gmail.com Kezia Kurniawati Nursalin kezia.kn@eco.maranatha.edu <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Banyaknya permintaan makanan dan minuman menjadikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam bidang ini memiliki peluang pertumbuhan yang cukup besar serta meningkatkan persaingan antar pemilik usaha UMKM didalamnya. Berbagai upaya bisnis dilakukan oleh para UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka, termasuk upaya pemasaran, perluasan distribusi hingga masuk ke media sosial serta e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Digital Marketing dan customer relationship marketing terhadap Kepuasan Konsumen Chacha Mango Cimahi. Penelitian dilakukan terhadap 105 responden dan diolah melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik serta regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemasaran digital dan customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 39.1%. Uji Hipotesis memperlihatkan H1 diterima (pemasaran digital mempengaruhi kepuasan pelanggan), H2 diterima (customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan)<br />serta H3 diterima (pemasaran digital dan customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan).<br /><strong>Kata kunci:</strong> Pemasaran digital, customer relationship marketing, kepuasan pelanggan</p> 2023-01-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/723 PENGARUH AUDIT TENURE, AUDITOR SWITCHING, AUDIT OPINION, DAN ACCOUNTING PUBLIC FIRM REPUTATION TERHADAPAUDIT DELAY (Pada Perusahaan sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) 2024-01-08T07:48:48+00:00 Salza Adzri Arismutia salza.adzri@inaba.ac.id Ariska Hertika Sari Ariska@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh audit tenure, auditor switching, audit opinion dan accounting public firm reputation terhadap audit delay. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga dihasilkan sampel sebanyak 12 perusahaan dengan jumlah data sebanyak 96 data. Untuk mengukur besarnya pengaruh sampel digunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda menggunakan variabel dummy, analisis koefisien korelasi pearson (product moment) dan analisis koefisien determinasi (R2) serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa audit tenure berpengaruh terhadap audit delay, auditor switching tidak berpengaruh terhadap audit delay, audit opinion tidak berpengaruh terhadap audit delay, accounting public firm reputation berpengaruh terhadap audit delay, dan audit tenure, auditor switching, audit opinion, dan accounting public firm reputation berpengaruh terhadap audit delay.<br /><strong>Kata Kunci:</strong> Audit Tenure, Auditor Switching, Audit Opinion, Accounting Public Firm Reputation<br />dan Audit Delay.</p> 2023-01-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/722 MENDORONG WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT 2023-11-21T08:20:11+00:00 Wina Lidiya Wina Lidiya winalidiya@gmail.com Asep Mulyana Asep@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Sektor pariwisata di Indonesia menjadi salah satu sektor industri yang berpotensi besar<br />untuk terus dikembangkan. Mengingat kekayaan alam yang terhampar luas serta<br />keragaman dan keunikan kebudayaan Indonesia merupakan komponen penting dalam<br />pariwisata Tidak mengherankan jika industri pariwisata Indonesia menjadi salah satu<br />penghasil devisa negara terbesar. Di samping itu, sektor pariwisata juga mampu berperan<br />untuk menghidupkan sektor perekonomian lainnya, serta menyediakan lapangan pekerjaan<br />bagi masyarakat. Bank Indonesia (BI) menyebut pariwisata merupakan sektor yang paling<br />efektif meningkatkan devisa Indonesia. Salah satu alasannya adalah sumber daya yang<br />diperlukan untuk pengembangan pariwisata terletak di dalam negeri. Penelitian ini<br />menggunakanometode penelitianydeskriptif kuantitatif dengan menggunakan<br />pendekataneeksploratif metode penemuan dengan mengumpulkan data, mensintesis,<br />mengelola dan menganalisis data yang diperoleh. Berdasarkan rumusan masalah, maka<br />tujuanipenelitianoyang diharapkan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui faktorfaktoroapa saja yang menjadi pendoronggpotensi objek wisata di Kabupaten Garut.”<br />Mengenai analisis faktor yang mendorong wisatawan untuk berwisata di Kabupaten Garut,<br />maka peneliti menarik simpulan bahwa: 1. faktor-faktor yang mendorong wisatawan untuk<br />berwisata di Kabupaten Garut dengan proses reduksi yaitu terdapat 4 faktor terbentuk: a.<br />faktor personal (kepentingan pekerjaan, biaya yang diperlukan relatif murah, atribut yang<br />menarik, tersedianya transportasi umum menuju objek, fasilitas lengkap, mudahnya akses<br />jalan, kebersihan tempat, keamanan objek wisata, keamanan dan budaya warga setempat)<br />b. faktor kebudayaan (apresiasi kesenian, kuliner yang disediakan beragam dan menarik,<br />mengisi waktu luang, lokasi yang mudah dijangkau, mentafakuri alam) c. faktor psikologis<br />(menenangkan diri/pikiran, kesejukan udara, keindahan pemandangan alam, spot foto yang<br />menarik) d. faktor sosial (ajakan teman/keluarga) 2. Dari 4 faktor yang terbentuk hanya<br />ada 3 faktor yang memiliki nilai korelasi tertinggi yaitu faktor personal, kebudayaan dan<br />sosial.<br /><strong>Kata Kunci:</strong> Sektor Pariwisata, Objek Wisata</p> 2023-01-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal)