MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners <p><span>MANNERS adalah sebuah publikasi karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua (2) kali dalam satau tahun yaitu bulan Maret dan Oktober. Adapun tujuan pembuatan jurnal manajemen ini adalah memberikan fasilitas bagi rekan rekan dosen untuk menyalurkan karya ilmiah dalam bidang manajemen. Selain dosen, mahasiswa, dan praktisi juga berkesempatan mengirimkan artikel. Jurnal Manajemen juga sebagai tempat bertukar karya ilmiah di bidang manajemen.</span></p><p><span><br /></span></p> en-US nidyanovalia@gmail.com (Nidya Novalia, S.E., M.M.) mulyaputrawijaya@unnur.ac.id (Mulya Putra Wijaya, S.T.) Thu, 24 Aug 2023 14:49:03 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL (PSYCAP) TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/689 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological capital dengan kepuasan<br />dan motivasi kerja pada perusahaan X. Kegunaan penelitian ini bagi para akademisi, para karyawan,<br />dan pimpinan perusahaan, agar mengetahui dan memperhatikan kepuasan kerja dan motivasi dengan<br />memperhitungkan aspek psikologis seperti harapan, kepercayaan diri, pantang menyerah, dan<br />optimism. Penelitian ini melibatkan 50 karyawan dengan jumlah laki-laki sebanyak 20 orang (40%)<br />dan perempuan sebanyak 30 orang (60%). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif<br />dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear<br />dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara psychological capital dengan kepuasan dan motivasi kerja karyawan pada<br />perusahaan X. Psychological capital karyawan yang tinggi dapat memengaruhi kepuasan dan motivasi<br />kerja pada karyawan. Hal tersebut karena efikasi, harapan, optimisme dan resiliensi seseorang dapat<br />mendorong motivasi karyawan menjadi lebih baik dan meningkatkan kepuasan kerja.<br /><strong>Kata Kunci:</strong> Psychological Capital, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja</p> Albert Kurniawan Purnomo, Shandy Nehemia Juniar, Silvi Indriana Kartia, Nurul Abdilah Solehah Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/689 Thu, 24 Aug 2023 00:00:00 +0700 THE INFLUENCE OF FOOD DELIVERY APPLICATION TOWARDS PURCHASE INTENTION PREFERENCES IN THE FOOD AND BEVERAGES INDUSTRY https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/639 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Studi ini bertujuan untuk menemukan pengaruh Aplikasi Pesan Antar Makanan terhadap Preferensi<br />Niat Beli di Industri Makanan dan Minuman (Restoran, Kafe, dll.). Setelah aplikasi antar makanan<br />ada, pentingnya Toko Fisik mulai bergeser karena bisnis dapat berjalan tanpa harus memiliki lokasi<br />khusus untuk restoran, kafe, dll. Selain itu, dengan munculnya kebijakan Covid-19 untuk menjaga<br />jarak, orang-orang dibatasi untuk keluar sehingga frekuensi penggunaan aplikasi antar makanan<br />meningkat meninggalkan bisnis yang menggunakan toko fisik mengalami kerugian. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya dari Pitchay, et al. (2021); Wen, Pookulangara, &amp; Josiam<br />(2021); dan Kaur dkk. (2021) juga mendukung penelitian ini sesuai dengan Pengaruh Aplikasi<br />Pengiriman Makanan terhadap Preferensi Niat Beli. Sebagai penelitian kuantitatif dan eksplanatori,<br />data dikumpulkan dengan kuesioner dari 100 orang yang pernah membeli produk dari sebuah bisnis<br />melalui Aplikasi Pengiriman Makanan. Dimensi yang diteliti pada aplikasi antar makanan adalah<br />nilai inti (core value), kepercayaan (trust), dan harga (price) yang memiliki pengaruh terhadap<br />preferensi niat beli sebesar 0,247. Aplikasi Pengiriman Makanan memiliki pengaruh berdasarkan dari<br />hasil data yang telah diproses.<br /><strong>Kata Kunci:</strong> Aplikasi Antar Makanan, Preferensi Niat Beli, Industri Makanan dan Minuman</p> Cerry Marlencia, Daphne Andrea, Fernando Mulia Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/639 Thu, 24 Aug 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP PROFITABILITAS https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/662 <p><strong>Abstrak</strong><br />Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal dan<br />pertumbuhan aset terhadap profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode<br />kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian menggunakan data sekunder perusahaan<br />manufaktur subsektor Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 - 2021.<br />Penelitian ini dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik untuk menganalisis<br />penelitian ini menggunakan model regresi berganda dan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari<br />penelitian ini secara parsial hanya ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap<br />profitabilitas. Variabel Pertumbuhan Aset tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. Pengujian secara<br />bersamaan atau simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, struktur modal, pertumbuhan asset<br />mempunyai pengaruh terhadap profitabilitas.<br /><strong>Kata kunci :</strong> Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Pertumbuhan Aset, dan Profitabilitas</p> Endang Susilawati, Nidya Novalia Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/662 Thu, 24 Aug 2023 00:00:00 +0700 ANALISIS PEMASOK SEPEDA MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA TOKO SEPEDA “HJ” TEGAL https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/653 <p><strong>Abstrak</strong><br />Pemilihan pemasok merupakan salah satu keputusan penting bagi sebuah bisnis. Untuk mendapatkan<br />pemasok yang tepat, perusahaan perlu menganalisis alternatif pemasok secara cermat dan tepat.<br />Memiliki pemasok yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan meningkatkan kinerja<br />perusahaan. Toko Sepeda “HJ” yang berlokasi di Tegal, Indonesia menjadi obyek penelitian ini. Oleh<br />karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria terpenting dari Quality, Cost,<br />Delivery, Flexibility, Responsiveness (QCDFR), pemasok sepeda terbaik dari masing-masing kriteria<br />QCDFR, dan pemasok sepeda terbaik menurut semua kriteria QCDFR untuk supplier Toko Sepeda<br />HJ berdasarkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini menunjukkan<br />bahwa biaya merupakan kriteria yang paling penting dibandingkan dengan kriteria kualitas,<br />pengiriman, fleksibilitas, dan daya tanggap. Urutan pemasok terbaik berdasarkan kriteria QCDFR<br />adalah pemasok Cilacap dengan hasil 0,422, diikuti pemasok Cirebon dengan hasil 0,249,<br />pemasok Semarang dengan hasil 0,198, dan pemasok Pemalang dengan skor hasil 0,131.<br /><strong>Kata Kunci:</strong> Manajemen Rantai Pasokan, Pemilihan Pemasok, Kriteria QCDFR, Proses Hirarki<br />Analitik (AHP)</p> Katlea Fitriani, Joshua, Katlea Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/653 Thu, 24 Aug 2023 00:00:00 +0700 ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19 PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/657 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Sub sektor otomotif adalah salah satu industri yang paling terdampak pandemi Covid-19. Kinerja<br />industri otomotif tahun 2020 turun hampir 48 persen dari tahun sebelumnya. Riset ini bertujuan untuk<br />meneliti perbedaan kinerja keuangan sub sektor atomotif sebelum dan pada saat pandemi Covid-19.<br />Penelitian ini menggunakan alat uji paired sample t test. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rasio<br />likuiditas dan rasio solvabilitas sebelum dan selama pandemic Covid tidak signifikan. Sementara itu,<br />rasio aktivitas dan rasio profitabilitas sub sektor otomotif berbeda secara signifikan.<br /><br /></p> <p> </p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Kinerja Keuangan, Otomotif, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Aktivitas.</p> Utari Kartika Sari, Francisca Kristiastuti Copyright (c) 2023 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/657 Thu, 24 Aug 2023 00:00:00 +0700