MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners <p><span>MANNERS adalah sebuah publikasi karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua (2) kali dalam satau tahun yaitu bulan Maret dan Oktober. Adapun tujuan pembuatan jurnal manajemen ini adalah memberikan fasilitas bagi rekan rekan dosen untuk menyalurkan karya ilmiah dalam bidang manajemen. Selain dosen, mahasiswa, dan praktisi juga berkesempatan mengirimkan artikel. Jurnal Manajemen juga sebagai tempat bertukar karya ilmiah di bidang manajemen.</span></p><p><span><br /></span></p> en-US nidyanovalia@gmail.com (Nidya Novalia, S.E., M.M.) mulyaputrawijaya@unnur.ac.id (Mulya Putra Wijaya, S.T.) Sat, 25 May 2024 10:16:52 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN RC https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/780 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Perusahaan RC adalah sebuah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang industri makanan<br />dengan spesialisasi produksi roti tawar, yang mengalami penurunan pendapatan yang signifikan<br />setelah transisi kepemimpinan pada tahun 2018. Penelitian ini mempelajari penerapan praktis Good<br />Corporate Governance (GCG) dalam konteks bisnis keluarga, dengan menggunakan RC sebagai<br />studi kasus. Didirikan pada tahun 1995, pergantian kepemimpinan RC menimbulkan tantangan yang<br />menyebabkan penurunan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai dinamika penerapan<br />GCG yang rumit dalam bisnis keluarga, memberikan wawasan bagi para praktisi yang menavigasi<br />suksesi dan kompleksitas tata kelola. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode<br />kualitatif dengan menggunakan prosedur wawancara. Adapun pedoman wawancara yang digunakan<br />pada penelitian ini berdasar pada 5 prinsip Good Corporate Governance yaitu transparansi,<br />akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness. Narasumber atau partisipan pada penelitian<br />ini adalah pemilik, salah satu manajer operasional, dan salah satu representative dari pegawai. Hasil<br />dari penelitian ini menemukan bahwa perusahaan perlu berfokus pada peningkatan kontrol kualitas,<br />membangun transisi kepemimpinan yang sistematis, mengatasi tantangan tenaga kerja, mendorong<br />kemandirian kepemimpinan, memastikan perekrutan yang transparan, dan meningkatkan praktikpraktik SDM. Penerapan rekomendasi-rekomendasi ini sejalan dengan prinsip-prinsip GCG, yang<br />akan membangun fondasi bagi pertumbuhan berkelanjutan dan kesuksesan jangka panjang bagi<br />Perusahaan Keluarga RC.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Good Corporate Governance, Perusahaan Keluarga, Sistem Manajemen</p> Andrew Russell Tan, Fernando Mulia Copyright (c) 2024 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/780 Wed, 20 Mar 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN PADA UMKM DI KECAMATAN CIMALAKA https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/777 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Pengelolaan keuangan menjadi salah satu masalah utama dalam UMKM, karena apabila<br />pengelolaan keuangan dalam UMKM tidak berjalan dengan baik, maka akan menghambat kinerja<br />dan akses untuk mendapatkan pembiayaan menjadi sulit. Literasi keuangan bagi UMKM,<br />tidak hanya terkait dengan keuangan, tetapi juga bagaimana UMKM dapat mengelola<br />atau mengatur keuangan. Sampel penelitian ini, diambil dari pelaku UMKM di Dusun<br />Pasanggrahan Lebak. Hal tersebut dikarenakan penggunaan jenis pengambilan sampel yang jenuh.<br />Hasil penelitian ini menunjukan komponen financial knowledge yaitu sebesar 60%, sehingga dapat<br />dikatakan baik Sedangkan pada komponen financial behavior yaitu sebesar 10% dan financial<br />attitude sebesar 30%, sehingga kedua komponen tersebut perlu ditingkatkan. Penerapan strategi<br />yang tepat perlu diterapkan dalam meningkatkan literasi keuangan para pelaku UMKM di dusun<br />Pasanggarahan Cimalaka, sehingga literasi mereka dapat meningkat sampai masuk kedalam<br />kategori well literate. Pihak Desa bisa bekerjasama dengan BLK Kabupaten Sumedang, untuk<br />mengadakan pelatihan dan pendampingan untuk meberikan jasa lanyanan keuangan langsung<br />kepada para pelaku UMKM.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Financial Knowledge, Financial Behavior, Financial Attitude, Literasi Keuangan,<br />UMKM.</p> Gustina Hidayat Copyright (c) 2024 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/777 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0000 MEMPEROLEH LOYALITAS PELANGGAN DI RITEL FARMASI (APOTEK K-24) MELALUI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/796 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Kepuasan dan loyalitas pelanggan (pasien) dianggap sebagai salah satu hasil yang disukai dalam<br />pelayanan kesehatan karena berhubungan langsung dengan penggunaan kembali layanan kesehatan<br />serta keberhasilan dan keberlanjutan fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah<br />menguji pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan oleh Apoteker di K-24 terhadap kepuasan<br />pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Secara metodologi, penelitian ini dirancang menggunakan<br />kuesioner cross-sectional untuk mengumpulkan data pasien rawat jalan dipilih secara simple random<br />sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji Hipotesis yang diajukan adalah Partial<br />Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Pada akhirnya, penelitian ini menemukan<br />sekaligus membuktikan bahwa kualitas pelayanan, melalui dimensi komunikasi dan sikap, lama<br />pelayanan, lingkungan apotek, dan penyediaan obat, dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan (? =<br />0.694, T-Value = 17.972, P-Value = 0.000) dan loyalitas pelangga (? = 0.577, T-Value = 10.266, PValue = 0.000) secara positif dan signifikan. Dengan hasil tersebut penelitian ini mengimplikasikan<br />bahwa kualitas pelayanan adalah prediktor dari kepuasan dan loyalitas. Sehingga, penelitian ini<br />menyarankan agar Apotek K-24 terus meningkatkan kualitas pelayanan mereka.<br /><strong>Kata kunci:</strong> Apotek, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan</p> Katon Pratondo, Zaid Zaid, Tria Meisya Aziti Copyright (c) 2024 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/796 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PENYALURAN KREDIT DAN KREDIT BERMASALAH TERHADAP LABA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. PERIODE 2017-2022 https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/779 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Bank adalah lembaga keuangan yang menerima simpanan dan memberikan pinjaman. Dalam<br />penyaluran kredit bank memiliki risiko terjadinya kredit bermasalah yang dimana nantinya akan<br />berpengaruh terhadap laba yang didapatkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui<br />jumlah penyaluran kredit, jumlah kredit bermasalah, jumlah laba serta pengaruh penyaluran kredit dan<br />kredit bermasalah terhadap laba PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan<br />data sekunder yaitu laporan keuangan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. tahun 2017 hingga<br />2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian<br />menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh antara penyaluran kredit terhadap laba dan<br />terdapat pengaruh antara kredit bermasalah terhadap laba. Hasil penelitian secara simultan menunjukan<br />terdapat pengaruh antara penyaluran kredit dan kredit bermasalah terhadap laba. Besarnya persentase<br />pengaruh variabel penyaluran kredit dan kredit bermasalah terhadap laba ditunjukan dengan nilai<br />adjusted R-Square sebesar 90,5%.<br /><strong>Kata kunci :</strong> Penyaluran Kredit, Kredit Bermasalah, Laba</p> Maya Ayu Kristiningtyas, Francisca Kristiastuti, Reza Kurniawan Copyright (c) 2024 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/779 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/795 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Kewirausahaan berperan penting bagi kegiatan perekonomian suatu negara. Rasio kewirausahaan<br />menjadi prasyarat Indonesia untuk menjadi negara maju di tahun 2045. Fakultas Ekonomi Universitas<br />Nurtanio Bandung mewajibkan seluruh mahasiswa mengikuti mata kuliah Kewirausahaan untuk<br />mendukung tujuan tersebut. Untuk menjadi wirausahawan perlu adanya minat berwirausaha. Oleh<br />sebab itu peran pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga sangat erat kaitannya dalam<br />mendukung minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pendidikan<br />kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian ini adalah<br />deskriptif dan asosiatif dengan teknik pengambilan sampel, sampling insidental. Sampel dalam<br />penelitian in adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung tahun angkatan 2018<br />dan 2019 sebanyak 66 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan<br />pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha.<br /><strong>Kata kunci:</strong> Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha</p> Sadam Husein, Nidya Novalia, Francisca Kristiastuti Copyright (c) 2024 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/795 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENERAPAN REVERSE INVENTORY CONSIGNMENT (RIC) PADA PIPINOS BAKERY AND CAFE https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/778 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Pipinos Bakery and Cafe seringkali mengalami kekurangan tempat penyimpanan ketika peak<br />season. Sehingga memerlukan tempat penyimpanan tambahan, akan tetapi hal ini membutuhkan<br />investasi yang besar. Untuk menghemat biaya, penulis menawarkan salah satu solusinya dengan<br />menerapkan metode Reverse Inventory Consignment (RIC) Penelitian ini bertujuan untuk<br />menganalisis apakah metode Reverse Inventory Consignment (RIC) adalah metode manajemen<br />penyimpanan yang tepat dan lebih murah daripada membeli tempat penyimpanan baru. Metode<br />yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan menganalisa 6 faktor RIC yang dikemukakan<br />oleh Kleivness (2016) beserta indikatornya. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini<br />didapatkan dari wawancara langsung dengan pemilik Pipinos. Hasil analisa kualitatif akan<br />diperkuat dengan hasil perhitungan biaya yang dikeluarkan masing-masing alternatif. Hasil<br />menunjukkan bahwa 5 dari 6 faktor menunjukkan hasil positif untuk menerapkan RIC dengan<br />pemasok, serta biaya membeli tempat penyimpanan baru lebih mahal daripada menerapkan RIC.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> manajemen persediaan, reverse inventory consignment, pemasok</p> Shannon Malena Santoso, Fernando Mulia Copyright (c) 2024 MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/778 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0000