PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK NUSAMBA KK SOREANG

Authors

  • Asep Rukmana Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/sosiera.v2i1.738

Keywords:

kualitas pelayanan & produk, kepuasan nasabah, Bank Nusamba KK Soreang

Abstract

Kualitas pelayanan dan kualitas produk merupakan elemen penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan nasabah Bank Nusamba KK Soreang. Penelitian ini merupakan penelitian survey, menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini para nasabah Bank Nusamba KK Soreang. . Ukuran sampel penelitian yang diambil sebanyak 94 orang ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai alat. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kualitas pelayanan di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (2) kualitas produk di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (3) kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan (30,25%) terhadap kepuasan nasabah. (4) Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan (12,32%) terhadap kepuasan nasabah. (5) kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan (66,90%) terhadap kepuasan nasabah Bank Nusamba KK Soreang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Rukmana, A. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK NUSAMBA KK SOREANG. Jurnal Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 2(1), 20–34. https://doi.org/10.56244/sosiera.v2i1.738