PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK NUSAMBA KK SOREANG
DOI:
https://doi.org/10.56244/sosiera.v2i1.738Keywords:
kualitas pelayanan & produk, kepuasan nasabah, Bank Nusamba KK SoreangAbstract
Kualitas pelayanan dan kualitas produk merupakan elemen penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan nasabah Bank Nusamba KK Soreang. Penelitian ini merupakan penelitian survey, menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini para nasabah Bank Nusamba KK Soreang. . Ukuran sampel penelitian yang diambil sebanyak 94 orang ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai alat. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kualitas pelayanan di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (2) kualitas produk di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (3) kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan (30,25%) terhadap kepuasan nasabah. (4) Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan (12,32%) terhadap kepuasan nasabah. (5) kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan (66,90%) terhadap kepuasan nasabah Bank Nusamba KK Soreang.