ANALISIS PERBEDAAN KEBERHASILAN BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DITINJAU DARI SEGI WAKTU PELAKSANAAN PERKULIAHAN

Authors

  • Vini Rizqi Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/sosiera.v2i1.697

Abstract

Pendidikan merupakan modal utama yang harus dimiliki seorang pelamar pekerjaan, dengan latar pendidikan yang baik memungkinkan mereka untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Alasan ini menjadi salahsatu pendorong bagi para pekerja untuk melanjutkan pendidikan walaupun mereka sudah mempunyai pekerjaan. Memfasilitasi hal tersebut Universitas Nurtanio membuka program kelas regular sore yang ditujukan untuk para pekerja ingin kuliah. Matematika ekonomi merupakan salahsatu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa akuntansi semester satu. Secara umum, mata kuliah ini mempelajari bagaimana menggunakan bahasa matematika dalam menggambarkan suatu permasalahan ekonomi berdasarkan teori ekonomi yang berlaku. Objek dalam penelitian ini adalah 29 mahasiswa kelas regular pagi dan mahasiswa kelas reguler sore semester satu tahun akademik 2022/2023 jurusan akuntansi Universitas Nurtanio Bandung. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil pengujian dengan uji independent t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,051 yang lebih besar dari 0,050, sehingga dapat disimpulakan bahwa tidak adanya perbedaan keberhasilan belajar mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi walaupun mereka belajar di pagi hari atau pun di sore hari. Perbedaan waktu pelaksanaan perkuliahan tidak menghambat mahasiswa untuk memperoleh keberhasilan belajar di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Rizqi, V. . (2024). ANALISIS PERBEDAAN KEBERHASILAN BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DITINJAU DARI SEGI WAKTU PELAKSANAAN PERKULIAHAN . Jurnal Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.56244/sosiera.v2i1.697