PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.56244/manners.v7i1.795Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Minat BerwirausahaAbstract
ABSTRAKKewirausahaan berperan penting bagi kegiatan perekonomian suatu negara. Rasio kewirausahaanmenjadi prasyarat Indonesia untuk menjadi negara maju di tahun 2045. Fakultas Ekonomi UniversitasNurtanio Bandung mewajibkan seluruh mahasiswa mengikuti mata kuliah Kewirausahaan untukmendukung tujuan tersebut. Untuk menjadi wirausahawan perlu adanya minat berwirausaha. Olehsebab itu peran pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga sangat erat kaitannya dalammendukung minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pendidikankewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian ini adalahdeskriptif dan asosiatif dengan teknik pengambilan sampel, sampling insidental. Sampel dalampenelitian in adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung tahun angkatan 2018dan 2019 sebanyak 66 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultanpendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha.Kata kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Minat BerwirausahaDownloads
References
Buchari, A. (2010). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Dirgantara, B. P., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi pada Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 38-59.
Fachrurazi, & Nurcholifah, I. (2021). Kewirausahaan (Teori dan Praktek). Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Mugiyatun, & Khafid, M. (2020). Pengaruh Prakerin, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 100-118. doi:https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37233
Ozaralli, N., & Rivenburgh, N. K. (2016). Entrepreneurial intention: antecedents to entrepreneurial behavior in the U.S.A. and Turkey. Journal of Global Entrepreneurship Research, 6(3), 1-32. doi:10.1186/s40497-016-0047-x
Permana, I. (2023, 3 10). https://economy.okezone.com/. (M. Portal, Produser) Diambil kembali dari https://economy.okezone.com/: https://economy.okezone.com/read/2023/03/10/455/2778575/syarat-jadi-negara-maju-indonesia-harus-punya-pengusaha-minimal-4-dari-jumlah-penduduk
Prasetya, H., & Ariska, R. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sikap dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. Surakarta Management Journal, 3(2), 74-80.
Prihantoro, W. S., & Hadi, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewrausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 705-717. Diambil kembali dari https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13673
Rosyanti, & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 587-595. Diambil kembali dari https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7451/3446
Sunnatullah, M. P., Nawarcono , W., & Ekowati, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wirausaha Mahasiswa. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi (hal. 1245-1252). Kediri: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kedir.
Thian, A. (2021). Kewirausahan untuk Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi.
Wahyuningsih, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Jurnal Kependidikan, 6(3), 512 – 521. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2874
Widodo, S. (2016). Model Pemberdayaan Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Budaya Kewirausahaan. Seminar Nasional Pengembangan Kompetensi Fasilitator dan Kelembagaan Pemberdayaan di Era MEA (hal. 182-190). Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.