PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PENGGUNAAN PRODUK PERAWATAN
DOI:
https://doi.org/10.56244/manners.v6i2.753Abstract
ABSTRAKIndustri perawatan kulit kian marak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara citra merek Skintific dengan tingkat loyalitas pelanggan di kalangan mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha yang menggunakan produk perawatan kulit Skintific. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori sebab-akibat dengan sampel responden berupa individu mahasiswa/i yang pernah menggunakan produk perawatan kulit Skintific di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling, dan data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh individu mahasiswa/i yang memenuhi kriteria tersebut. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan perangkat lunak SPSS 26 untuk menguji hipotesis bahwa citra merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis penelitian (H1) diterima, yakni citra merek Skintific berpengaruh sebesar 54,3% terhadap tingkat loyalitas pelanggan di kalangan mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha dalam penggunaan produk perawatan kulit.Kata Kunci: Citra Merek, Loyalitas PelangganDownloads
References
Aeni, N., & Ekhsan, M. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yang Di Mediasi Brand Trust. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 377–386. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V4i1.331
Bestario Fandy, T. Y. (2021). Analisis Pengaruh Business Administration Competition (Bac) Terhadap Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Yang Berdaya Saing Global. Journal Of Applied Business Administration2, 2(2), 124–130.
Binus. (2021). Memahami Koefisien Determinasi Dalam Regresi Linear. In Binus University School Of Accounting. 2021. Https://Accounting.Binus.Ac.Id/2021/08/12/Memahami-Koefisien-Determinasi-Dalam-Regresi-Linear/
Bps.Go.Id. (2021). Badan Pusat Statistik.
Budihardja, L., & Sitinjak, T. (N.D.). Pengaruh Identitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pada Konsumen Sepatu Nike Di Jakarta. Https://Doi.Org/10.46806/Jm.V11i2.Xxx
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I11.P19
Daniswara, A., & Rahardjo, S. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas. In Diponegoro Journal Of Management (Vol. 12, Issue 1).
Devy, A., Ansar, A., Nurafifah, I. P., Sundari, S., & Madein, A. (2023). Peran Corporate Social Responsibility Dalam Membangun Citra Perusahaan: Sebuah Literatur. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis (Akuntansi), 3(1), 1–9. Http://Journal.Politeknik-Pratama.Ac.Id/Index.Php/Jiab
Erlianto, W. (2021). Pengaruh Negara Asal Terhadap Minat Membeli Dengan Dimediasi Citra Merek. In Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis (Vol. 6, Issue 6).
Faizal, H. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(2).
Fariza, R., Khairullah, R., Muhtadin, U., & Rizqi, Z. U. (2020). Analisis Tingkat Pengaruh Keaktifan Kegiatan Akademis Mahasiswa Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk). In Teknik Industri Ums.
Heri Puspita Sari, A. Et Al. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Skincare Scarlet The Effect Of Brand Image And Product Quality On Consumer Loyalty In Scarlet Skincare. Pinisi Journal Of Art, Humanity &Social Studies, 2(6), 53–62.
Iila, A. (2022). Uji Analisis Regresi Linear Sederhana Menggunakan Spss. Laboratorium Komputer Jurusan Matematika Fmipa Unm. Https://Www.Labkommat-Unm.Com/Uji-Analisis-Regresi-Linear-Sederhana-Menggunakan-Spss/
Imam Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 26 (Edisi 10). Universitas Diponegoro.
Iriawan, H. (2021). Manajemen Merek Dan Kepuasan Pelanggan (Vol. 1).
Norfai. (2020). Manajemen Data Menggunakan Spss.
Pandiangan, K., Dwi Atmogo, Y., & Author, C. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. 2(4). Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V2i4
Retno Maharani, O., Wijayanto, H., & Tegoeh Hari Abrianto, Dan. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus Pada Lipstcik Wardah). Http://Studentjournal.Umpo.Ac.Id/Index.Php/Isoquant
Rini Astuti, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Natural Nusantara Di Gunungkidul. Eka Sudarusman) Tb, 20(1), 43–52. Http://Journal.Stimykpn.Ac.Id/Index.Php/Tb
Rivaldo, Y. Et Al,. (2021). Analisis Dampak Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis, 1(2), 149–157.
Salsabila, A. F. (2023). Sulistyo Budi Utomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya.
Sapitri, E., Hayani, I., Kunci, K., Merek, C., Produk, K., Pelanggan, K., & Pelanggan, L. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby Di Dki Jakarta). J. Mandiri, 4(2), 231–240. Https://Doi.Org/10.33753/Mandiri.V4i2.144
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan Ke 3). Alfabeta.
Wahyu Nugroho, R. (2020). Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Nike Di Media Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda. Journal Of Business Finance And Economic (Jbfe), 1(1).