PENGARUH DIGITAL MARKETING & CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CHACHA MANGO CIMAHI

Authors

  • Regina Dhofirani Sunarko
  • Kezia Kurniawati Nursalin Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v6i2.744

Abstract

ABSTRAKBanyaknya permintaan makanan dan minuman menjadikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam bidang ini memiliki peluang pertumbuhan yang cukup besar serta meningkatkan persaingan antar pemilik usaha UMKM didalamnya. Berbagai upaya bisnis dilakukan oleh para UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka, termasuk upaya pemasaran, perluasan distribusi hingga masuk ke media sosial serta e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Digital Marketing dan customer relationship marketing terhadap Kepuasan Konsumen Chacha Mango Cimahi. Penelitian dilakukan terhadap 105 responden dan diolah melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik serta regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemasaran digital dan customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 39.1%. Uji Hipotesis memperlihatkan H1 diterima (pemasaran digital mempengaruhi kepuasan pelanggan), H2 diterima (customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan)serta H3 diterima (pemasaran digital dan customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan).Kata kunci: Pemasaran digital, customer relationship marketing, kepuasan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1).

Ardiana, D. P. (2020). Teknologi Internet, Web dan Aplikasinya. Dalam Digital Marketing (hal. 19-38). Widina Bhakti Persada Bandung.

Arifin, B. U., & Aunillah. (2021). uku Ajar Statistik Pendidikan. (T. Multazam, & M. D. Wardana, Penyunt.) UMSIDA Press.

Arisandi, B. (2022). Pengaruh Sektor Pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumbawa. Journal of Finance and Business Digital, 1(3).

Ernantyo, Y. E., & Febry, T. (2022). Pengaruh Implementasi Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Pada Kafe Kisah Kita Ngopi. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 1(2).

Fatma, N., Irfan, N. F., & Latiep, I. F. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2).

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Larasati, S. (2021). Strategi Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5).

Pratama, I. A. (2022). Konsep Digital Marketing. Dalam Digital Marketing (Tinjauan Konseptual) (hal. 16-21). Padang: PT.Global Eksekutif Teknologi.

Rizaty, M. A. (2021, Agustus 23). Terbanyak Nasional Julah UMK Makanan dan Minumam Jawa Barat Capai 791,4 Ribu. Diambil kembali dari Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/23/terbanyak-nasional- jumlah-umk-makanan-dan-minuman-jawa-barat-capai-7914-ribu.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104-114.

Simmonds, A., & Hort, K. (2013). nstitutional analysis of Indonesia’s proposed road map to universal health coverage. AusAID KNOWLEDGE HUBS FOR HEALTH.

Tito, A. C., & Stefani, S. (2023). Pengaruh Strategi Brand Collaboration Terhadap Purchasing Decision Pada Industri Minuman Kekinian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1).

Wendharti, M. (t.thn.). Diambil kembali dari CEIC: http://www.ceicdata.com/en/blog/indonesia-initiate-universal- healthcare-2014#sthash.1oO4mDYX.dpuf.

Yuritanto, P. V., & Armansyah. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pengembangan Usaha Kuliner (Studi Kasus di Kelurahan Kijang Kota RW 02). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1433-1440.

Yusuf. (2022, November 12). Kenaikan Umlah UMKM Go Online Jadi Hasil Konkret Pembahasan Transformasi Digital di KTT G20. Diambil kembali dari Indonesia Teknologi: https://www.kominfo.go.id/content/detail/45636/kenaikan-jumlah-umkm-go- online-jadi-hasil-konkret-pembahasan-transformasi-digital-di-ktt- g20/0/berita_satker.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Sunarko, R. D. ., & Nursalin, K. K. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING & CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CHACHA MANGO CIMAHI. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 6(2), 33–44. https://doi.org/10.56244/manners.v6i2.744

Issue

Section

Articles