MENDORONG WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT

Authors

  • Wina Lidiya Wina Lidiya Article
  • Asep Mulyana

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v6i2.722

Abstract

ABSTRAKSektor pariwisata di Indonesia menjadi salah satu sektor industri yang berpotensi besaruntuk terus dikembangkan. Mengingat kekayaan alam yang terhampar luas sertakeragaman dan keunikan kebudayaan Indonesia merupakan komponen penting dalampariwisata Tidak mengherankan jika industri pariwisata Indonesia menjadi salah satupenghasil devisa negara terbesar. Di samping itu, sektor pariwisata juga mampu berperanuntuk menghidupkan sektor perekonomian lainnya, serta menyediakan lapangan pekerjaanbagi masyarakat. Bank Indonesia (BI) menyebut pariwisata merupakan sektor yang palingefektif meningkatkan devisa Indonesia. Salah satu alasannya adalah sumber daya yangdiperlukan untuk pengembangan pariwisata terletak di dalam negeri. Penelitian inimenggunakanometode penelitianydeskriptif kuantitatif dengan menggunakanpendekataneeksploratif metode penemuan dengan mengumpulkan data, mensintesis,mengelola dan menganalisis data yang diperoleh. Berdasarkan rumusan masalah, makatujuanipenelitianoyang diharapkan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui faktorfaktoroapa saja yang menjadi pendoronggpotensi objek wisata di Kabupaten Garut.”Mengenai analisis faktor yang mendorong wisatawan untuk berwisata di Kabupaten Garut,maka peneliti menarik simpulan bahwa: 1. faktor-faktor yang mendorong wisatawan untukberwisata di Kabupaten Garut dengan proses reduksi yaitu terdapat 4 faktor terbentuk: a.faktor personal (kepentingan pekerjaan, biaya yang diperlukan relatif murah, atribut yangmenarik, tersedianya transportasi umum menuju objek, fasilitas lengkap, mudahnya aksesjalan, kebersihan tempat, keamanan objek wisata, keamanan dan budaya warga setempat)b. faktor kebudayaan (apresiasi kesenian, kuliner yang disediakan beragam dan menarik,mengisi waktu luang, lokasi yang mudah dijangkau, mentafakuri alam) c. faktor psikologis(menenangkan diri/pikiran, kesejukan udara, keindahan pemandangan alam, spot foto yangmenarik) d. faktor sosial (ajakan teman/keluarga) 2. Dari 4 faktor yang terbentuk hanyaada 3 faktor yang memiliki nilai korelasi tertinggi yaitu faktor personal, kebudayaan dansosial.Kata Kunci: Sektor Pariwisata, Objek Wisata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prasetyo, A. (2016). Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Keputusan

Wisatawan Dalam Berkunjung Ke

Obyek Wisata Waduk Gajah

Mungkur Wonogiri. Skripsi.

Rai, I. G. (2014). Pengantar Industri

Pariwisata. Yogyakarta:

Deepublish.

Rinandiyana, L. R., Kurniawati, A., &

Kurniawan, D. (2017). Analisis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Keputusan Pembelian Oleh

Generasi Milenial Pada Industri

Kuliner Di Kota Tasikmalaya.

Jurnal Ekonomi Manajemen, 3 (1),

-27.

Kemenpar. (2019). Data Kunjungan

Wisatawan Mancanegara Bulanan

Tahun 2019.

https://www.kemenpar.go.id/post/da

ta-kunjungan-wisatawanmancanegara-bulanan-tahun-2019

Kompas.com. (2019). BI: Industri

Pariwisata Jadi Sektor Paling

Hasilkan Devisa.

https://travel.kompas.com/read/2019

/03/23/084500627/bi--industripariwisata-jadi-sektor-palinghasilkan-devisa.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku

Konsumen (Sikap dan Pemasaran).

Yogyakarta: Deepublish

Parhusip, N. E., & Arida, I. N. (2018).

Wisatawan Milenial Di Bali

(Karakteristik, Motivasi, Dan

Makna Berwisata). Jurnal Destinasi

Pariwisata, 6 (2), 299-303.

Prasetyo, A. (2016). Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Keputusan Wisatawan

Dalam Berkunjung Ke Obyek Wisata

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Skripsi.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode

Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan

Pengembangan-Keahlian . Jakarta:

Salemba Empat.

Unarajan, D. D. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif. Jakarta: Grafindo.

Wadaya, S., & Darmanto. (2016).

Manajemen Pemasaran untuk

Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil

dan Menengah. Yogyakarta:

Deepublish.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Wina Lidiya, W. L., & Mulyana, A. (2023). MENDORONG WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT . MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 6(2), 58–68. https://doi.org/10.56244/manners.v6i2.722

Issue

Section

Articles