PERAN PENINGKATAN JOB DEMANDS, JOB SATISFACTION, CALLING, DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP PENINGKATAN WORK ENGAGEMENT PARA GURU

Authors

  • Lithalia Febe Harianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa
  • Regi Sanjaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa
  • Linda Gandajaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa
  • Rizka Pratikna

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v6i2.712

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Job Demands, Job Satisfaction, calling¸ dan Perceived Organizational Support terhadap Work Engagement guru di Sekolah X Bandung. Pengambilan data pada seluruh anggota populasi, sejumlah 33 orang. Regresi linier berganda digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh dari semua varibel yang terlibat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dari kuesioner dan wawancara. Setelah data diperoleh, data diolah menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara variabel job demands, job satisfaction, calling, dan perceived organizational support terhadap work engagement guru di Sekolah X, namun secara parsial, tidak terdapat pengaruh antara variabel job demands terhadap work engagement, dan juga tidak ada pengaruh antara variabel calling terhadap work engagement. Sedangkan Job satisfaction dan perceived organizational supportberpengaruh signifikan terhadap work engagement guru di Sekolah X.Kata kunci: Job Demands; Job Satisfaction; Calling; Perceived Organizational Support; WorkEngagement; Keberhasilan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, U. (2019). Job Demands and Work

Engagement: Call for More Urgent Empirical

Attention. Annals of Contemporary

Developments in Management & HR, 1, 8-14.

doi:https://doi.org/10.33166/acdmhr.2019.02.0

Asbari, M., Bernarto, I., Pramono, R.,

Purwanto, A., Hidayat, D., Sopa, A., & ...

Mustofa. (2020). The Effect of Work-Family Conflict on Job Satisfaction and Performance:

A Study of Indonesian Female Employees.

International Journal of Advanced Science and

Technology, 29(3), 6724-6748.

Astisya, I. R., & Hadi, C. (2021). Pengaruh Job

Demands dan Job Resources Terhadap Work

Engagement. Jurnal Insight Fakultas Psikologi

Universitas Muhammadiyah Jember, 207-223.

Ayu, D. R., Maarif, S., & Sukmawati, A.

(2015). Pengaruh Job Demands, Job Resources

Dan Personal Resources Terhadap Work

Engagement. Jurnal Aplikasi Bisnis dan

Manajemen (JABM) Vol. 1 No.1.

Bakker, A. B., & Leiter, M. P. (2010). Work

engagement a handbook of essential theory and

research. New York: Psychology Press.

Christian, M. S., Garza, A. S., & Slaughter, J.

E. (2011). Work engagement: A quantitative

review and test of its relations with task and

contextual performance. Personnel

Psychology, 64, 89-136.

Cristina, L. (2018). Eksplorasi Faktor-Faktor

Penyebab Penurunan Murid Di Sekolah XYZ

Surabaya. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan

bisnis.

Dewantara, M. T., & Wulanyani, N. M. (2019).

Pengaruh Kepuasan Kerja dan Keadilan

Organisasional terhadap Keterikatan Karyawan

Hotel Swasta X di Bali. Jurnal Psikologi

Udayana, 6(2), 312-319.

doi:https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.

p10

Dik, B. J., & Duffy, R. D. (2009). Calling and

Vocation at Work: Definitions and Prospects for

Research and Practice. Journal of Counseling

Psychology, 37(3), 424-450.

Duffy, R. D., & Sedlacek, W. E. (2007). The

presence of and search for a calling:

Connections to career development. Journal of

Vocational Behavior, 70, 590-601.

Fairnandha, M. M. (2021). Pengaruh Perceived

Organizational Support, Job Demands, dan Job Satisfaction Terhadap Work Engagement.

Jurnal Ilmu Manajemen Jurusan Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri

Surabaya.

Garaika, & Darmanah. (2019). METODOLOGI

PENELITIAN. Lampung Selatan: CV. HIRA

TECH.

Hasan, R. (2015). Pengaruh Masa Kerja Dan

Pendidikan Guru Terhadap Kinerja Guru SDN

Sukabumi 10 Kota Probolinggo. Jurnal

Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume

No 2, 1219-1230.

Retrieved from

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Iksan, N., Widodo, S., & Praningrum, P.

(2020). Pengaruh Sumber Daya Pekerjaan,

Sumber Daya Individu dan Beban Kerja

Terhadap Keterikatan Kerja dan Dampaknya

pada Kinerja Pegawai Sekretariat Daerah

Kabupaten Seluma. Jurnal Ilmiah Ilmu

Manajemen Dan Bisnis Vol 2, No 2.

Jazilah, B. (2020). Analisis Pengaruh Job

Demand terhadap Work Engagement melalui

Burnout. Jurnal Ilmu Manajemen, 8 (3), 1038-

Khadijah, & Megawati. (2020). Pengaruh

Calling dan Persepsi Dukungan Organisasi

Terhadap Keterikatan Kerja Pada Pegawai

Generasi Milenial Kantor Imigrasi Kelas I TPI

Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Ekonomi Manajemen, 702-714.

Kolodinsky, R. W., Ritchie, W. J., & Kuna, W.

A. (2017). Meaningful engagement: Impacts of

'calling' work orientation and perceived

leadership support. Journal of Management &

Organization, 1-18.

Lee, S.-H., Shin, Y., & Baek, S. I. (2017). The

Impact Of Job Demands And Resources On Job

Crafting. The Journal of Applied Business

Research Vol. 33, No. 4.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi (V.A

Yuwono, Trans.). Yogyakarta: ANDI.

Man, G. S., & Hadi, C. (2013). Hubungan

Antara Perceived Organizational Support

dengan Work Engagement pada Guru SMA

Swasta di Surabaya. Jurnal Psikologi Industri

Dan Organisasi, 2(2), 90-99.

Mufarrikhah, J. L., Yuniardi, M. S., &

Syakarofath, N. A. (2020). Peran Perceived

Organizational Support terhadap Work

Engagement Karyawan. Gadjah Mada Journal

of Psychology Vol. 6 No. 2, 151-164.

Mukhlis, A. (2019). Dominasi Guru Perempuan

dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi

Stakeholder. Al-Athfal Jurnal Pendidikan

Anak, 117-134. Retrieved from

http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.2019.52-

Muliana, & Rahmi, A. (2019). Pengaruh Self

Efficacy dan Kepuasan Kerja terhadap

Employee Engagement (Keterikatan Kerja)

Pada Guru SMK Negeri Di Aceh Timur. Jurnal

Studi Pemikiran, Riset dan Pengembangan

Pendidikan Islam Vol 7, No. 2.

Prabowo, N. S., & Fathoni, A. (2017).

Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stress Kerja

terhadap Engagement Employee dengan

Turnover Intention sebagai Variabel

Intervening pada PT Ara Shoes Semarang.

Jurnal Unpad, 75-79.

Pratikna, R. N., Putri, C. K., Iskandarsyah, T.,

& Teressia, A. (2020). Kualitas Kehidupan

Kerja dan Kepuasan Kerja berdasarkan

Persepsi Karyawan, Apakah Berhubungan?

(Studi pada PT. X, Perusahaan Industri Tekstil

dan Pakaian Jadi. Jurnal Bisnis Manajemen

Dan Ekonomi, 18(1), 202–211.

Pratiwi, L. R. (2019). Analisis Pengaruh Job

Satisfaction dan Affective Commitment

terhadap Work Engagement serta Implikasinya

pada Career Commitment: Telaah pada

Karyawan Generasi Y PT XYZ. Doctoral

dissertation, Universitas Multimedia Nusantara

Puspita, M. D. (2012). Hubungan antara

Dukungan Sosial dan Makna Kerja Sebagai

Panggilan (Calling) dengan Keterikatan Kerja.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya

Vol.1 No.1.

Rais, I. S., & Parmin. (2020). Pengaruh

Perceived Organizational Support dan Budaya

Organisasi Terhadap Employee Engagement

dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel

Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA),

(5), 813-833.

Rhoades, L., & Eisenberger, R. (2002).

Perceived organizational support: A review of

the literature. Journal of Applied Psychology,

(4), 698-714.

Saputri, A. (2021). Pengaruh Persepi Dukungan

Organisasi dan Modal Psikologi Terhadap

Keterikatan Kerja di PT. X. Jurnal Ilmiah

Psikologi Psikoborneo, 345-356.

Schaufeli, W. B., & Baker, A. B. (2011).

Defining & measuring work engagement:

Bringing clarity to concept. In Work

engagement: A handbook of essential theory

and research. New York: Psychology Press.

Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2003). UWES

- Utrecht Work Engagement Scale: Test Manual.

Unpublished Manuscripy. Department of

Psychology, Utrecht University.

Schaufeli, W. B., Salanova, M., GonzalezRoma, V., & Bakker, A. B. (2002). The

measurement of engagement and burnout: A

confirmative analytic approach. Journal of

Happiness Studies, 3, 71-92.

Tanudjaja, R. M. (2013). Hubungan Antara

Konflik Keluarga-Kerja, Makna Kerja Sebagai

Panggilan, dan Persepsi Terhadap Dukungan

Organisasional Dengan Keterikatan Kerja Pada

Guru. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Surabaya Vol.2 No.1.

Wahyuni, M. (2017). Pengaruh Makna Kerja

dan Occupational Self Efficacy Terhadap Work

Engagement Pada Dosen Tetap. Jurnal

Psikologi Vol.10, No.1.

Wahyuni, S. (2014). Profesi Guru Adalah

Panggilan Ilahi. Jurnal Antusias.

Wrzesniewski, A., McCauley, C., Rozin, P., &

Schwartz, B. (1997). Jobs, Careers, and Callings: People's Relations to Their Work.

JOURNAL OF RESEARCH IN

PERSONALITY, 21-33.

Xie, B., Xia, M., Xin, X., & Zhou, W. (2016).

Linking calling to work engagement and

subjective career success: The perspective of

career construction theory. Journal of

Vocational Behavior.

Yeh, H. J. (2015). Job Demands, Job

Resources, and Job Satisfaction in East Asia.

Social Indicators Research, 121(1), 47-60.

doi:https://doi.org/10.1007/s11205-014-0631-

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Harianto, L. F. ., Sanjaya, R., Gandajaya, L., & Pratikna, R. (2023). PERAN PENINGKATAN JOB DEMANDS, JOB SATISFACTION, CALLING, DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP PENINGKATAN WORK ENGAGEMENT PARA GURU. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 6(2), 11–24. https://doi.org/10.56244/manners.v6i2.712

Issue

Section

Articles