PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH NEGERI 11 BANDUNG
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.56244/manners.v5i2.609Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kompetensi, motivasi, dan kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Bandung. (2) Pengaruh motivasi dan kompetensi baik secara parsial maupun bersamaan terhadap kinerja guru pada Sekolah menengah pertama negeri 11 Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, maka metode yang digunakan adalah descriptive survey dan explanatory survey. Analisis yang digunakan adalah Korelasi Pearson dan Analisis Jalur. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Bandung. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi dan motivasi secara individu maupun bersama-sama terhadap kinerja Guru. Pengaruh kompetensi secara individu terhadap kinerja guru adalah 40,5%, dan pengaruh motivasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 26,7%. Sedangkan hasil pengujian secara bersama-sama menunjukkan bahwa kompetensi dan motivasi secara Bersama – sama berpengaruh terhadap kinerja guru dengan pengaruh sebesar 67,2% dan sisanya 32,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dari hasil analisis dapat diartikan bahwa semakin positif kompensasi dan motivasi, maka semakin meningkat kinerja guru. Dari hasil analisis juga dapat diambil kesimpulan bahwa faktor kompetensi lebih berpengaruh dibandingkan factor motivasi dalam meningkatkan kinerja guru. Kata kunci : Kompetensi, Motivasi, Kinerja GuruDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-03-13
How to Cite
Maryani, N., & Setiadiwibawa, L. (2023). PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH NEGERI 11 BANDUNG: Indonesia. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 5(2), 100–108. https://doi.org/10.56244/manners.v5i2.609
Issue
Section
Articles