APAKAH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR ORGANISASI BIDANG JASA DIPENGARUHI SERVANT-LEADERSHIP DAN TRUST-IN-LEADERSHIP?

Authors

  • Denny Denny STIE Harapan Bangsa
  • Regi Sanjaya STIE Harapan Bangsa
  • Rusli Ginting Munthe Universitas Kristen Maranatha
  • Rizka Nugraha Pratikna Universitas Katolik Parahyangan https://orcid.org/0000-0002-2285-8564
  • Fernando Mulia Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v5i2.604

Abstract

Organization Citizenship Behaviour (OCB) merupakan salah satu faktor pendorong terciptanya organisasi yang efektif. OCB dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah kepemimpinan. Servant leadership merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang dapat merangsang penerapan organizational citizenship behavior (Haider et al., 2015). Faktor lain yang dapat merangsang timbulnya OCB adalah Trust in leadership. Vondey (2010) menyatakan agar perilaku ekstra peran atau OCB para anggota organisasi dapat ditunjukkan dengan baik, maka keefektifan peran seorang pemimpin sangat diperlukan melalui Trust in leadership. Sekolah Klasikal Terang Nusantara (SETARA) merupakan sekolah yang berdiri atas keinginan dasar  para pemimpinnya untuk melayani dan menjadi berkat (Kristanti, 2018). Didirikan pada tahun 2014, Sekolah Klasikal Terang Nusantara terus mengalami perkembangan pesat dalam jumlah murid yang mendaftar dalam rentang waktu 4 tahun. Di sisi lain, jumlah karyawan juga meningkat signifikan dan 98% orang tua murid menilai kinerja guru sudah memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Servant leadership dan Trust in leadership terhadap Organization Citizenship Behavior. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Sekolah Klasikal Terang Nusantara yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal explanatory. Hasil pengujian menemukan bahwa servant leadership berpengaruh positif terhadap OCB, namun Trust in leadership tidak berpengaruh terhadap OCB.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Denny Denny, STIE Harapan Bangsa

Program Studi Manajemen

Regi Sanjaya, STIE Harapan Bangsa

Program Studi Manajemen

Rusli Ginting Munthe, Universitas Kristen Maranatha

Program Studi Manajemen

Rizka Nugraha Pratikna, Universitas Katolik Parahyangan

Pragram Studi Manajemen

Fernando Mulia, Universitas Katolik Parahyangan

Program Studi Manajemen

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Denny, D., Sanjaya, R., Munthe, R. G. ., Pratikna, R. N., & Mulia, F. (2023). APAKAH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR ORGANISASI BIDANG JASA DIPENGARUHI SERVANT-LEADERSHIP DAN TRUST-IN-LEADERSHIP? . MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 5(2), 69–80. https://doi.org/10.56244/manners.v5i2.604

Issue

Section

Articles