ANALISA DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

Authors

  • Dianta Hasri Barus
  • Ronny Surbakti Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v5i2.525

Abstract

Abstract University is an institution which have a rapid growing market in Indonesia. One of the strategic sector in Indonesian market. Each year more than 1,5 millions students graduated from senior high school. yet the competition become more difficult. There are about 120 public universities with big names and become more independent nowadays, and about 3000 private unversities around Indonesia. The competition also comes from dynamic market perception, especially for millenial and post millenial. Further found that 50% of them are willing to choose private universities rather than public university, it means the competition become thighter. University now must change the way they communicate on integrated media, moreover when the Covid-19 pandemic is over.   Keywords Higher Education Marketing, Campus Marketing   Abstrak Perguruan Tinggi merupakan sebuah institusi dengan tingkat pertumbuhan permintaan yang semakin tinggi di Indonesia. Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor strategis, karena Indonesia memiliki jumlah siswa lebih dari 1,5 juta yang lulus dari SMA setiap tahunnya. Namun jumlah pasar yang besar tersebut memiliki persaingan yang semakin ketat. Selain terdapat sekitar 120 perguruan tinggi negeri yang semakin independen dan mempunyai nama besar, pertumbuhan kampus swasta juga semakin tinggi, hingga saat ini sudah ada sekitar 3000-an perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia. Persaingan juga berasal dari persepsi pasar yang dinamis mengalami perubahan, khususnya pada segmen generasi millenial dan post millenial. Saat ini preferensi pemilihan oleh generasi tersebut mendekati 50% ke kampus swasta, dan sisanya ke negeri. Artinya persaingan semakin ketat. Perguruan tinggi saat ini harus melakukan perubahan strategi komunikasi terintegrasi, khususnya setelah masa pandemi Covid 19 berakhir.   Keywords Pemasaran Perguruan Tinggi, Pemasaran Kampus

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Barus, D. H. N., & Surbakti, R. (2023). ANALISA DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 5(2), 81–89. https://doi.org/10.56244/manners.v5i2.525

Issue

Section

Articles