PERAN PROMOSI DAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT BAGI PERKEMBANGAN BISNIS PARIWISATA

Authors

  • Rhany Octabelina

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v4i2.417

Abstract

ABSTRAKSektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah termasuk di tingkat Provinsi. Meskipun mengalami kenaikan jumlah kunjungan dari tahun ke tahunnya, kurangnya promosi dan infrastruktur yang kurang memadai masih menjadi hambatan dalam pengembangan sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran promosi pariwisata dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagi perkembangan bisnis pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pesan promosi pariwisata belum optimal begitu pula peran Pemerintah Provinsi khususnya mengenai infrastruktur lokasi wisata non unggulan, masih perlu ditingkatkan untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata di Jawa Barat.Kata kunci : promosi, pemerintah provinsi, bisnis pariwisata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bisnis Wisata. (2017). Pariwisata Jawa Barat, Kaya Objek Miskin Kunjungan tanggal 30 April 2017 Tersedia di: https://bisniswisata.co.id [Diakses pada tanggal 15 Juli 2019 jam 07.41]

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (2019). Pariwisata dan Budaya Jawa Barat dalam Angka Tahun 2018. Bandung : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Jabarprov. (2018). Pariwisata Sumbang 70 Persen PAD Jabar tanggal 3 September 2018 Tersedia di: https://jabarprov.go.id [Diakses pada tanggal 28 Januari 2019 jam 21.30]

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Liputan 6. (2019). Menpar Optimis Pariwisata Jadi Leading Sektor di Minahasa Utara Tersedia di : https://www.liputan6.com [Diakses pada tanggal 28 Januari 2019 jam 22.15]

Nurhadi, C. dkk (2015). Strategi Pengembangan Pariwiwsata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Alsi Daerah. Jurnal Administrasi Publik Vol. 2 No. 2.

Pikiran Rakyat. (2017). Ini Segudang Potensi di Jawa Barat yang Menggiurkan bagi Investor Timur Tengah tanggal 6 Oktober 2017 Tersedia di: https://www.pikiran-rakyat.com [Diakses pada tanggal 5 Agustus 2019 jam 17.57]

Pikiran Rakyat. (2019). Pemprov Jabar Anggarkan Setengah Triliun untuk Pariwisata tanggal 21 April 2019 Tersedia di: https://www.pikiran-rakyat.com [Diakses pada tanggal 15 Juli 2019 jam 14.21]

Simamora, R.T dan Sinaga. (2016). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya di Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Vol.4 No.1.

Simanjuntak, F. (2016). Metode Penelitian. Bandung : Penerbit Sekolah Tinggi Teologi Kharisma

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV. Alfabeta

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Penerbit Gaya Media

West Java Tourism Board. (2017). Pers Gathering BPPD Jawa Barat, Pers Gathering Kawasan Strategis Pariwisata Nasional tanggal 7 Januari 2017 Tersedia di: https://westjavatourismboard.info [Diakses pada tanggal 15 Juli 2019 jam 07.41]

Wolah, F.F. (2016). Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Poso. Jurnal Acta Diurna. Vol. V No.2 Tahun 2016

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Octabelina, R. (2021). PERAN PROMOSI DAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT BAGI PERKEMBANGAN BISNIS PARIWISATA. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 4(2), 142–154. https://doi.org/10.56244/manners.v4i2.417

Issue

Section

Articles