PENGEMBANGAN MODEL BISNIS UKM BATIK X DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Authors

  • Ceicalia Tesavrita Unpar

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v4i1.387

Abstract

ABSTRACT Model bisnis merupakan salah satu cara sebuah usaha untuk bisa memetakan bagaimana usaha tersebut dapat mengantarkan value yang dihasilkan kepada konsumen. Business Model Canvass (BMC) merupakan salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk memetakan sebuah model bisnis, yang terdiri dari 9 blok yaitu: customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure. UKM X merupakan sebuah usaha batik yang berada di Cirebon, Jawa Barat. Dari hasil pemetaan model bisnis awal, didapatkan bahwa kurang terlihat keselarasan dalam model bisnis yang dijalankan oleh UKM X sehingga diidentifikasikan bahwa UKM ini belum menjalankan usahanya dengan baik. Dilakukan analisis pasar, internal dan eksternal perusahaan untuk memetakan model bisnis yang baru. Pada model bisnis yang baru, ditetapkan target segmen yang lebih spesifik, dan dirancang beberapa usulan perbaikan yang dapat dilakukan UKM X.Kata kunci: Model bisnis, BMC, UKM Batik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fielt, E. (2011). Understanding business

models Business Service Management

Whitepaper series. Brisbane, Australia:

Smart Services CRC.

Johnson, M. W. (2010). Seizing the white

space: Business model innovation for growth

and renewal. Boston, MA: Harvard Business

Press.

M. Augier, D.J. Teece (2016), The Palgrave

Encyclopedia of Strategic Management, DOI

1057/978-1-349-94848-2_632-1

Morris, M., Schindehutte, M., & Allen, J.

(2005). The entrepreneur’s business model:

Toward a unified perspective. Journal of

Business Research, 58(6), 726-735.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010).

Business model generation: A handbook for

visionaries, game changers, and challengers:

(self-published).

Sekaran, U., Bougie, R. (2016), Research

Methods for Business: A Skill-Building

Approach, 7th ed., John Wiley & Sons,

Chichester.

Chichester.

http://batiktrusmi.com/ (Akses: 25 April

https://jabar.tribunnews.com/2019/03/24/tr

usmi-dan-ciwaringin-jadi-sentra-batikcirebon-punya-kekhasan-masing-masing

(Akses: 8 Mei 2021)

https://shoppingbatikcirebon.blogspot.com/201

/10/cara-pembuatan-batik-cirebon.html

(Akses: 5 Mei 2021)

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Tesavrita, C. (2021). PENGEMBANGAN MODEL BISNIS UKM BATIK X DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 4(1), 61–72. https://doi.org/10.56244/manners.v4i1.387

Issue

Section

Articles