PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER DAN IMPLEMENTASI PENGGUNAAN FASILITAS TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN PENINGKATAN MUTU MENGAJAR GURU SEKOLAH MENGAH KEJURUAN (SMK) AL-FALAH BANDUNG

Authors

  • Asep Mulyana Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung
  • Jojo Sudarjo Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh teknologi informasi dan  implementasi kebijakan pendidikan dan besaran kontribusi teknologi informasi dan implementasi kebijakan pendidikan terhadap mutu pelayanan sekolah pada SMK Al-Falah di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan tipe penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada SMK Al-Falah di Bandung. Sampel penelitian sebanyak 40 responden tenaga pendidik dan kependidikan pada SMK Al-Falah di Bandung. Data penelitian dikumpulkan dengan alat kuestioner model skala likert dengan lima pilihan yang telah terbukti memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS version 20 for Windows.Kata kunci: Teknologi Informasi; Implementasi Kebijakan Pendidikan; Mutu Pelayanan Sekolah 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bovaird T. E. Loeffler E. (2003). Public Management and Governance, London: Routledge.

Charles.O Jones. (1994). Pengantar Kebijakan Publik (Public Polity).

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Charles.O Jones. (1970). An Introduction to the Study of Public Policy (1st edition). California. Belmont Wadsworth.

Campbell. (1935). Pengertian kurikulum. http://masterdagan.

blogspot.com/2009/02/08 Christopher H Lovelock. (1991). Service Marketing: Text, Cases and Reading. Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ

Clelland Mc, D. C. (1973). Testing for competence rather than for "intelligence."American Psychologist, 28, 1-14. , on www.orientamento.it Dye,T.R. (1978). Understanding Public Policy, Prentice Hall-Engelwood Cliffts : N.J.

Dwidjowijoto.R,N. (2003). Kebijakan Publik (Formulasi, Implementasi dan Evaluasi). Jakarta: Gramedia.

Dwidjowijoto.R,N. (2008). Public Policy. Jakarta: Gramedia.

Fred D. Davis. (1986). Perceived Usefulness. Perceived Ease Of Use dan User Acceptance Of Information Technology. MIS Quarterly. September. Vol 13 Issue P. 318-340.

Flyn, Norman. (1991). Public Sector Management Great Britain: Mavester Wheat Sheaf. http://jurnalskripsitesis.wordpress.com/c ategory/jurnal/page/4/.

Grindle M.S. (1980) Politics and Policy Implementation in the Third World. Princetone University Press. Hesel, Tangkilisan. (2003). Implementasi Kebijakan Publik: Transformasi Pikiran George Edwards. Yogyakarta: Lukman Offset & Yayasan Pembaharuan Administrasi Publik Indonesia.

Hadeli, M.A. ( 2006). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Ciputat Press. H.Uno B. Hamzah dan Nina.(2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriantoro, Nur. (1996). Sistem Informasi Strategik. Dampak Teknologi Informasi Terhadap Organisasi Dan Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Jurnal Kompak No 9 Februari. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

James A Black and J. Dean Champion. (1992). Metode Penelitian

Sosial.Penerjemah E. Kuswara Dira Salam dan Alvin Ruzhendi.

Bandung: PT Etresco. Jogiyanto. (2000). Sistem Informasi Berbasis Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kadir Abdul, Triwahyuni. (2003). Teknologi Informasi. Yogyakarta: Kanisius.

Kismartini, dkk. (2009). Analisis Kebijakan Publik. Jakarta:

Universitas Terbuka. Konvach.C.J. (2000). Self Regulatory Strategies In aAccounting Principles Course: Effects On Studen Achievement. Paper Presented at The Mid- Wertern Enducational Research Association, Chicago. http://www.cedu.niu.edu/pierce/selfrgu latorystrategies.htm

Kotler, P and Armostrong Gary. (1993). Principles Of Marketing Seventh Edition. New Jersey Prentice.

Leo, Agustino. (2006). Dasar-Dasar Kebijakan Public. Bandung: Alfabeta.

Lubis Hasan Hamid.A. (1988). Analisis Wacana Pragmatic. Medan: Badan Penerbit IKIP

Luthans F. (1995). Organisation Behavior. Singapura: Mc Graw Hill.

Majid A. dan D. Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis

Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martono. (2010). Statistik Sosial Teori dan Aplikasi Program SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Miller J.P. dan W. Seller. (1985). Currriculum Perspective and Practice. NewYork: Longmen.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa Zainal. (2009). Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasir Muh. (2005). Metode Penelitian. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia. Natigor, Fahmi Nasution. Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavior Aspect). USU Digital Library. http://library.usu.ac.id (retrieved 16 April 2010). .

Purwanto Erwin Agus,dkk. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gaya Media. Parasuraman, et, al. (1988). SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, Vol. 64.

Parasuraman, et, al. (1994). Reassessment of expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality : Implication for Further Research,

Journal of Marketing, Vol.58. January. Pp. 111-24. Parasuraman, A., et, al. Delivering Quality Service Balancing Customer Perception

and Expectatio. New York : New York Press.

Prasetya, Irawan. (2007). Metodologi Penelitian Administrasi. Jakarta:

Universitas Terbuka. Print, M. (1993). Curriculum Development and Design. Second edition. St. Leonard Australia: Allen & Unwin.

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Reid, D. Robert. (1990). Hospitality Marketing Management (Van

Nostrand Reinhold, New York). Journal of Travel Research July 1990.

Rina, Trisnawati (1998). Pertimbangan Perilaku dan Faktor Penentu. Yogyakarta:Lukman Offset & Yayasan Pembaharuan Administrasi Publik Indonesia.

Rohman Ainur Ahmad dkk. (2008). Reformasi Pelayanan Publik.

Malang: Averroes Press.

Ronald C Doll. (1974). Geographic Connection to Pennsylvania.

Columbia University.

Published

2023-03-13

How to Cite

Mulyana, A., & Sudarjo, J. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER DAN IMPLEMENTASI PENGGUNAAN FASILITAS TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN PENINGKATAN MUTU MENGAJAR GURU SEKOLAH MENGAH KEJURUAN (SMK) AL-FALAH BANDUNG. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(1), 73–90. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/308

Issue

Section

Articles