PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Yati Yulianty Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan hal penting dalam keberlangsungan bisnis kuliner, terutama dalam menghadapi persaingan pasar saat ini. Strategi pemasaran melalui pendekatan bauran pemasaran dan kualitas layanan diharapkan mampu menciptakan kepuasan, oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat pengaruh kualitas produk, harga, tempat, promosi sebagai dimensi bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan hubungan kausal, melalui pendekatan kuantitatif dengan uji statistika analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan populasi adalah konsumen Café X dengan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh secara simultan dari kualitas produk, harga, tempat, promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial, hanya kualitas produk, harga dan kualitas layanan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan tempat dan promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.Kata Kunci: Dimensi bauran pemasaran, kualitas layanan, kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fian, J. & Tri, Y. (2016). Pengaruh Kepuasaan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan AUTO 2000

Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(6).

Amanda, P. (2016). Pengaruh Aspek Bauran Pemasaran Pariwisata Terhadap Proses Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Taman Hutan Raya IR. H. Djuanda. Bandung: Tesis, Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan.

Andaleeb, S. S. & Conway, C. (2006). Customer Satisfaction in The Restaurant Industry: an examination of the transaction-specific model. Journal of Services Marketing, 20(1), 3-11.

Anggraeni, S. (2015). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan serta Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Bangkit Group. Bandung: Tesis, Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan.

Bandung, Badan Pusat Statistika Kota Bandung (2018, Februari 15). Retrieved from https://bandungkota.bps.go.id/

Bandung, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Bandung (2018, Februari 15). Retrieved from https://ppid.bandung.go.id/knowledgeba se/ data-kunjungan wisatawan-yangdatangke-kota-bandung-tahun-20102015/

Bilson, S. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Cahyani, F. G. & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Kosumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(3).

Craven, D. W. (1997). Strategic Marketing 5th ed. Chicago USA: The McGraw-Hill Companies Inc.

Faradina, A. & Satrio, B. (2016). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(7).

Ferrel, O. C. & Hartline, M. D. (2014). Marketing Strategy. Text and Cases. 6th ed. South-Western USA: Cengage Learning.

Ghozali, I. (2009). Ekonometrika-Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS17. Semarang: Penerbit Diponegoro.

Gunawan, I. (2018, Februari 15). The Learning University: Metode Penelitian. Retrieved from http://fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/20 15/12/2_MetpenKuantitatif.pdf .

Harnovinsah, D. (2018, April 11).

Metodologi Penelitian, Pusat Bahan

Ajar dan E-learning. Retrieved from

http://mercubuana.ac.id/files/MetodeLog

iP enelitian/Hipotesis%20UMB%206ok.pdf

Jannah, L. M., Miftahul & Prasetyo, B. (2018, Februari 15). Metode Penelitian Kuantitatif: Pendekatan Kuantitatif. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4598/2/SOSI43 11 -M1.pdf

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New JearseyUSA: Pearson Education, Inc., publishing Precite Hall.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing: global edition 14th ed. New Jersey, USA: Pearson Education, Inc.

Lenzun, J., Massie, J.D.D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA 2(3), 1237-1245.

Mardiana, D. (2018, Februari 15). Lereng Anteng Bandung-New Panoramic Coffee Place. Retrieved from https://tempatwisatadibandung.info/leren ganteng-bandung-panoramic-coffee/

Mevita, A. S. & Suprihhadi, H. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen 2(9).

Mongkau, G. K., Kawet, L. & Sepang. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Tempat Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Pasar Tradisional Remboken. Jurnal EMBA 5(2), 24692477.

Ofela, H. & Agustin, S. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanaan terhadap Kepuasaan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(1).

Oktarina, D. (2016). Kualitas Layanan dan Citra Merek, serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Mahasiswa: Survey pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Metro. Lampung: Tesis, Program Pascasarjana Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A behavioral Perspective on the consumer. International Edition. New York-USA: McGraw-Hill Companies, Inc.

Paramitha, A. (2013). Studi Deskriptif Dinesrev Warung Leko Cabang Bonet Menurut Persepsi Pelanggan yang Berdomisili di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universita Surabaya, 2(1).

Ryu, K. L. & Kim, W. G. (2012). The Influence of the quality of the physical environment, food, and service on restaurant image, customer perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 24(2), 200-223.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Senjaya, H. G. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Masakan Jepang Di Hayashi Teppan (Survei Terhadap Konsumen Hayashi di Food Court BEC). Bandung: Tesis, Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan.

Shaharudin, M. R., Mansor, S. W., & Elias, S. J. (2011). Food Quality

Attributes among Malaysia’s Fast Food Customer. International Business and Management, 2(1), 198-208.

Soriano, D. R. (2002). Customers’ Expectations factors in restaurants: The Situation in Spain. International Journal of Quality & Reability Management, 19(89)8/9, 10561067.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta, CV. Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi

Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya

dalam Pemasaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia dengan MMA-IPB.

Suryana. (2010). Buku Ajar Perkuliahan Metode Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2011). Pemasaran Strategik, edisi 2.

Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia Publishing.

Usmara, A. (2017). Marketing Classics. Yogyakarta: Amara Books.

Utami, N. D. & Oetomo, H. W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Pelayanan Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasaan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(5).

Widarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: Unit penerbitan dan percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Yafie, A. S., Suharyono & Yusri, A (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasaan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 35(2).

Published

2023-03-13

How to Cite

Yulianty, Y. (2023). PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(1), 55–72. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/307

Issue

Section

Articles