PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS RASIO DAN EVA PADA PERUSAHAAN YANG

Authors

  • Martalena Martalena Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung
  • Dini Dini Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

ABSTRAK Penilaian kinerja perusahaan perlu dilakukan untuk menilai apakah perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam melakukan penilaian kinerja ini dapat dilakukan dengan beberapa metode yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masingmasing Penelitian ini melakukan perbandingan penilaian kinerja perusahaan menggunakan metode analisis rasio keuangan khususnya rasio profitabilitas yaitu Net Profit Margin, Return on Asset, dan Return on Equity dengan metode Economic Value Added (EVA). Kedua metode ini mempunyai perbedaan dimana rasio profitabilitas hanya melihat dari sisi kemampuan menghasilkan laba sementara EVA melihat kemampuan menghasilkan nilai tambah yang melibatkan biaya yang digunakan dalam menghasilkan laba. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah ada perbedaan hasil antara kedua metode tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang sudah go public dan terdaftar di LQ 45 dengan sampel sebanyak 14 perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampan perusahaan menghasilkan laba yang baik tidak selalu diikuti oleh kemampuan menghasilkan nilai tambah yang baik bagi perusahaan.Kata kunci: Rasio Profitabilitas, Return on Asset, Return on Equity, Economic Value Added.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ehrbar, Al. (1998). EVA The Real Key To Creating Wealth. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Gitman, Lawrence J. (2003). Principles of Managerial Finance. 10 th

Edition. Addison Wesley Longman, Inc.

Hidayati, Ismi Wenda., Topowijono., dan N.P., MG. Wi Endang. (2015). Analisis Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA) Sebgai Salah Satu Alat Ukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada PT Panca Mitra Multiperdana Periode 2010-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25 (2).

Prastowo D, Dwi., dan Juliaty, Rifka. (2005). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Savarese, Craig. (2000). Economic Value Added: The Practitioner’s Guide to a Measurement and Management Framework. Australia: Business + Publising.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 10. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Sundjaja, Ridwan S dan Inge Barlian. (2003). Manajemen Keuangan Satu. Edisi Ke 8. Bandung : Literata Lintas Media.

Van Horne, J.C., dan Wachowicz, J.M. (2005). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Young, S David., dan O’Byrne, Stephen F. (2001). EVA dan Manajemen Berdasarkan Nilai Panduan Praktisi Untuk Implementasi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2023-03-13

How to Cite

Martalena, M., & Dini, D. (2023). PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS RASIO DAN EVA PADA PERUSAHAAN YANG. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(1), 41–54. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/306

Issue

Section

Articles