STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA ONLINE SHOP

Authors

  • Nidya Novalia Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio
  • Intan Clara Pandini Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio
  • Yuniati Fransisca Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio

Abstract

ABSTRAK (Seiring dengan berkembangnya jaman banyak bermunculan jenis-jenis sepatu dengan model dan tipe yang bervariasi. Hal ini membuat tingkat penjualan sepatu berkembang pesat. IDworldshop sebagai salah satu pelaku usaha sepatu yang berada di Bandung dan berdiri sejak 2012. Hingga saat ini IDworldshop belum memiliki model bisnis, dengan menciptakan model bisnis yang tepat, IDworldshop dapat menghadapi persaingan serta mengembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan untuk memetakan bisnis IDworldshop dengan business model canvas. Setelah itu dihasilkan rancangan bisnis model baru sebagai pengembangan bisnis IDworldshop. Hasil pengolahan menyatakan gambaran model bisnis IDworldshop sudah baik jika ditinjau dari business model canvas. Dan dari hasil analisis SWOT diketahui kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usahanya, serta ditemukan juga kelemahan dan ancaman yang harus diwaspadai oleh IDworldshop. Dari hasil yang diperoleh, IDworldshop disarankan untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan meningkatkan customer segment, memberikan pelayanan dengan memberikan diskon dan souvenir, serta meningkatkan pendapatan dengan menambah variasi produk penjualan. Kata Kunci : Business Model Canvas dan Strategi pengembangan bisnis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hartatik, dan Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. E-proceeding of Management Vol.18 (2). p.113-120.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kalitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Nielsen, C. and Lund, M. (2013). The Basics of Business Model. Bookboon.com ï›onlineï. Tersedia di: http://bookboon.com/en/the-basic-of-business-model. ï›diakses pada tanggal 28 April 2019ï.

Osterwalder, A. dan Pigneur, Y. (2014). Business Model Generation. Cetakan ke7. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prihastho, P. dan Azis, E. (2017). Analisis pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus Pada Aikori Natural Leather Bag Pada Tahun 2016) eProceeding of Management : Vol.4, No.3 Desember 2017.

Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setijawibawa, M. (2015). Evaluasi Model Bisnis Pada Perusahaan X Menggunakan Business Model Canvas. AGORA, Vol.3. p. 314-323.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-1. Bandung: Alfabeta.

Tamika, V, A. dan Ghina, A. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Green Laundry di Wilayah Sekelimus, Kota Bandung). E-proceeding of

Management Vol.4 (1).

Tjitradi, E.C. (2015). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan

Business Model Canvas. AGORA, Vol.3.

Tim PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta:PPM.

Wonodjojo, D, C. dan Indriyani, R. (2017). Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Ayam Goreng Sinar Pemuda Pusat. AGORA Vol.5 (3).

Published

2023-03-13

How to Cite

Novalia, N., Pandini, I. C., & Fransisca, Y. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA ONLINE SHOP. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(1), 15–23. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/304

Issue

Section

Articles