PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK BODY BUTTER / BODY CREAM THE BODY SHOP

Authors

  • Desta Sulaesih Mursyidah Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio
  • Nidya Novalia Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio
  • Riska Mustika Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio

Abstract

ABSTRACTPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait brand personality dan minat beli produk body butter / body cream The Body Shop. Permasalahan tersebut didasari dengan hasil Top Brand dari Tahun 2017 – 2018 terdapat penurunan posisi / peringkat, hal ini menunjukkan bahwa kekuatan brand personality pada produk body butter / body cream mengalami penurunan. Brand personality merupakan faktor pembentuk parameter pertama untuk mengukur nilai presentase TBI, yaitu top of mind brand awareness. Permasalahan ini diperkuat dengan adanya hasil pra survei pada variabel minat beli, dimana ditemukan masih adanya minat beli pada produk body butter / body cream. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand personality yang terdiri dari sincerity, excitement, competence, dan sophistication terhadap minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel 100 orang responden yang mengetahui merek The Body Shop. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan sub variabel sincerity, excitement, competence, dan sophistication berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel brand personality berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli sebesar 42,8% sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi faktorfaktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: brand personality, minat beli, produk body butter / body cream The Body Shop

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, S. (2013). Pengaruh Penggunaan Selebritas Sebagai Endorser Terhadap Pembentukan Brand Personality Produk Raket Yonex Pada Pemain Badminton Dinas Perikanan dan Pertenakan Kota Samarinda. Journal Article Ekonomia, 2(1), 510-525.

Davies, G., Mendez, J. I. R., Whelan, S., Mete, M., & Loo, T. (2018). Brand

personality: theory and dimensionality. Journal of Product & Brand Management, 27(2), 115-127. doi:10.1108/JPBM-06-2017-1499.

Hasan, A. (2014). Marketing dan KasusKasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS.

Kurniawan, A. (2019). Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Maurisni, P., Kemener, D., & Trianita, M. (2017). Pengaruh green product dan

price terhadap keputusan pembelian di toko the body shop basko grand mall Padang. Jurnal Fakultas Ekonomi, 11(2), 23-37.

Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. (2015). A study of factors affecting on customers purchase intention : case Study the agencies of bono brand tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 2(1), 267273.

Naibaho, A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Brand Personality Terhadap

Minat Beli Produk Body Mist (Studi pada The Body Shop di Trans Studio Mall Bandung). Jurnal Computech & Bisnis, 11(1), 25-38.

Punyatoya, P. (2017). How brand personality affects products with different involvement levels?. European Journal of Business and Management, 1-8.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tong, X., Su, J., & Xu, Y. (2018). Brand personality and its impact on brand trust and brand commitment: an empirical study of luxury fashion brands. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 11(2), 196-209. doi:10.1080/17543266.2017.1378732.

http://www.thebodyshop.com

http://www.topbrand-award.com

Published

2023-03-13

How to Cite

Mursyidah, D. S., Novalia, N., & Mustika, R. (2023). PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK BODY BUTTER / BODY CREAM THE BODY SHOP. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(1), 1–14. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/303

Issue

Section

Articles