PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MUTIARA SUPER KITCHEN BANDUNG

Authors

  • Nidya Novalia
  • Hanindah Hanindah

Abstract

ABSTRAKBisnis ritel berkembang sangat pesat selaras dengan perkembangan dinamika masyarakat di kota-kota besar, terutama peralatan rumah tangga dan barang elektronik. Dampak persaingan dalam bisnis ini sangat ketat, yang mengharuskan setiap bisnis ritel harus terus berinovasi untuk menciptakan suasana yang unik dan berbeda dari pesaingnya agar lebih cepat dikenali oleh para pelanggannya. Penelitian ini dilakukan di toko Mutiara Super Kitchen yang merupakan salah satu bisnis ritel ternama di kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh toko atmosfer terhadap keputusan pembelian. Tahapan atmosfer yang ada di Mutiara Super Kitchen Bandung meliputi eksterior toko, interior umum, tata letak toko, dan tampilan interior. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh antara variabel bebas (store atmosphere) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel sebanyak 92 responden dengan teknik purposive random sampling. Data yang terkumpul diolah melalui beberapa analisis diolah dengan SPSS. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tampilan interior dan interior sebagian umum memengaruhi keputusan pembelian.  Pengujian secara simultan suasana toko, memengaruhi keputusan pembelian. Kata kunci: Store Atmosphere (eksterior toko, interior umum, tata letak toko dan tampilan interior), dan Keputusan Pembelian. Kata kunci: Store Atmosphere (eksterior toko, interior umum, tata letak toko dan tampilan interior), dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfred, O. 2013. Influences of Price and Quality on Consumer Purchase of Mobile Phone in The Kumasi Metropolis In Ghana: A Comparative Study. European Journal of Business and Management. ISSN: 2222-1905 (Paper), Vol. 5. No.1.

An’nisa,Vita. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputsan Pembelian Konsumen Cafe Little Wings di Bandung. e- Proceeding Of Applied Science: Vol2, No.2 Agustus 2016 .

Fadilah. M.R. 2015. Pengaruh Eksteriordan Store Layout Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Cafede Chep Bandung). Skripsi STIE STAN

IM. Skripsi tidak dipublikasikan.

Kurniawan, Albert 2014 Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Kwan, O.G. 2016. Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.10 No.1.

Levy dan Weitz 2012. Retailing Management Information Center. New York:McGraw-Hill Higher Education.

Ma’ruf, Hendri 2011. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Noviawaty & Beli, Y (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.12 No 1 Maret 2014.

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan Oleh: Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat.

Pride, et al. 2014. Marketing 2014. Boston: Cengage Learning.

Purnomo, A.K 2017. Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y pada Old Bens Cafe.(Jurnal Manajemen Maranatha, Volume 16, Nomor 2, Mei 2017, pp 133-144.

Sekaran, Uma & Bougie, Roger.2016. Research Methods For Business. Seventh Edition United Kingdom: John Wiley & Sons.

Sulistiorini, Indah. 2017. Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Eramart Tenggiri Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 2017.

Turley & Milliman. 2000. Atmospheric Effects on Shopping Behavior: A Review of the Experimental Evidence. Journal of Business Research, 49, 193-211.

Utami. C.W. 2010. Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Wang, Y.H & Cing-Fen Tsai. 2014. The Relationship Between Brand Image and Purchase Intention: Evidence From Award Winning Mutual Funds. The International Journal of Business and Finance Research. Volume 8, Number 2.

Widyanto, A.I. 2014. Jurnal Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan

Pembelian ( Survei pada konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden Kota Malang).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14 No.1 September.

Published

2019-05-22

How to Cite

Novalia, N., & Hanindah, H. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MUTIARA SUPER KITCHEN BANDUNG. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 1(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/252

Issue

Section

Articles