PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER VELOVE VEXIA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SHAMPOO TRESEMME SCALP CARE DI KELURAHAN BABAK ASIH BANDUNG

Authors

  • Yuniati Fransisca
  • Mega Silvia Christanti

Abstract

ABSTRAKPersaingan bisnis pada saat ini semakin ketat dan perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang jitu seperti mempromosikan produknya yaitu melalui iklan. Daya tarik iklan dapat dilakukan dengan cara menggunakan Celebrity Endorser yang banyak dikenal masyarakat. Oleh sebab itu PT Unilever Indonesia Tbk memilih Velove Vexia untuk menjadi Celebrity Endorser produk perawatan pribadi sampo TRESemme Scalp Care. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan antara Celebrity Endorser ( Velove Vexia) terhadap minat beli pada sampo TRESemme Scalp Care. Variabel dalam penelitian ini adalah Celebrity Endorser (X) sebagai variabel independen dan variabel minat beli (Y) sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesiner kepada 99 orang responden yang ditemui di Kelurahan Babakan Asih Bandung. Dari data yang di peroleh kemudian dianalisa dengan menggunakan program SPSS 24.0 dengan menggunakan metode Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis, simpulan akhir yang dapat diketahui adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara Celebrity Endorser terhadap minat beli sebesar 31,1%. Sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Celebrity Endorser, dan Minat Beli. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Rusman. 2011. Model - Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Schiffman. Len G dan Leslie L Kanuk. 2012. Consumen Behaviour. Edisi kedelapan. New Jersey :Prentince Hall.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta :Prenada Media.

Shimp, Terence A. 2007. Periklanan Promosi (Aspek Tambahan

Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I, Edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga.

Siregar, A. R. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Edisi 1.

Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ginman, Carole. 2010. Athlete Endorsements and Brand Image: A Study of Consumer Attitudes toward Nike in Light of the Brand’s Association with Tiger Woods. Jurnal.

Rodriguez, K.P, 2008. Apparel Brand Endorsers and Their Effects on

Purchase Intentions : A study of Philippine Consumers. International MBA (IMBA). Taiwan : National Cheng Kung University. Jurnal.

Raviany, ArmaHeditaSepala. 2011. Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Pesaing dan Perilaku Mencari Variasi Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Pada Konsumen Teh Botol Sosro.

Majalah SWA online. 2013. http:swa.co.id/businessstrategy/management/strategi-agarmobile-advetising-berkembang.

April 2016. http://ppid.bandung.go.id www.topbrand-award.com/top-brand- survey/surveyresult/top_brand_index_fase_1

Published

2019-05-22

How to Cite

Fransisca, Y., & Christanti, M. S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER VELOVE VEXIA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SHAMPOO TRESEMME SCALP CARE DI KELURAHAN BABAK ASIH BANDUNG. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 1(1), 15–24. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/247

Issue

Section

Articles