IMPLEMENTASI APLIKASI CHATTING KELUARGA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GPS PADA TELEPON SELULER BERBASIS IOS

Authors

  • Ya'aro Lase
  • Mohamad Haitan Rachman Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v11i2.669

Abstract

Aplikasi FamChat merupakan aplikasi perpesanan sederhana yang dirancang untuk keluarga pada telepon seluler berbasis iOS.  Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System), untuk melihat lokasi user dengan pengguna lainnya. Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Swift, dan Xcode sebagai IDE (Intergrated Development Environment) untuk pengembang aplikasi iOS. Pada implementasinya, aplikasi FamChat memiliki tiga menu utama aplikasi yaitu menu peta, menu obrolan dan menu profil. Metode pengembagan perangkat lunak pada perancangan aplikasi FamChat menggunakan metode XP (eXtream Programming). Metode ini merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang cepat, efesien, beresiko rendah serta fleksibel. Untuk basis datanya sendiri, aplikasi FamChat menggunakan FRD (Firebase Realtime Database). FRD merupakan database yang difungsikan untuk menyimpan dan menyinkronkan data antar pengguna secara realtime menggunakan database bertipe NoSql yang dihosting secara cloud.

References

Amit Kushwaha, Vineet Kushwaha. 2011. Location Based Service using Android Mobile Operating System. International Journal of Advances in Engineering & Technology. Vol 1,Issue 1, (March 2011): 14-20.

Suryantara, I. Gusti Ngurah, S. Kom, and M. Kom. (2017) Merancang Applikasi dengan Metodologi Extreme Programming. Elex Media Komputindo.

Sutiko, Astuti, I. P., & Khairina, D. M. (2018). Jurnal. Membangun Aplikasi Chatting Untuk Media Perkenalan, 2.

Abdilah, N. (2018, Februari 14). Sejarah Perkembangan iOS dari Awal Sampai iOS 11 . Retrieved from pricebook: https://www.pricebook.co.id sejarah-perkembangan-ios-dari-awal-sampai-versi-kedelapan. Diakses pada tanggal 14 Juli 2020.

Fatoni, Achmad. Rancang Bangun Aplikasi PembelianTiket Pesawat Online Berbasis Mobile Pada platform IOS dengan Bahasa Pemrograman Swift memanfaatkan API Tiket.com. Jurnal Manajemen Informatika, 2016, 5.2.

Firebase. (2020, September 09). Firebase Realtime Database. Retrieved from Firebase: https://firebase.google.com/docs/database. Diakses pada tanggal 15 Juli 2020

Downloads

Published

2023-05-28