RANCANG BANGUN SISTEM PEREKRUTAN KARYAWAN PADA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. CHITOSE INTERNASIONAL Tbk)

Authors

  • Ivan Januar Pratama
  • Samsul Budiarto Teknik Informatika Universitas Nurtanio Bandung
  • Iswanto Iswanto Teknik Informatika Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v12i2.638

Abstract

PT. Chitose Internasional Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi mebel di Kota Bandung. Perkembangan dunia industri saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga bisa berpengaruh positif terhadap kemajuan suatu perusahaan bisnis. Dalam melakukan proses penerimaan karyawan PT. Chitose Internasional Tbk (recruitment) masih menggunakan metode konvensional belum memiliki sistem yang cepat dan tepat, maka diperlukan suatu mekanisme recruitment calon tenaga kerja di bidang pelayanan yang lebih efisien, efektif dan modern sehingga akan diperoleh calon tenaga kerja yang layak dan berkualitas.Berdasarkan hal tersebut, penulis membangun suatu aplikasi perekrutan karyawan berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext Prepocessor), database server¬-nya menggunakan MySQL, dan mengaplikasikan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan metode WP (Weighted Product) untuk membantu dalam memutuskan pelamar mana yang akan diterima berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah sistem informasi perekrutan karyawan berbasis web. Dengan adanya website sistem informasi perekrutan karyawan ini diharapkan dapat membantu divisi HRD dalam proses recruitment perekrutan calon tenaga kerja serta semakin memudahkan masyarakat khususnya bagi pelamar kerja yang mendaftarkan diri sebagai calon tenaga kerja di PT. Chitose Internasional Tbk Kata kunci: Website, recruitment, Sistem Pendukung Keputusan, WP.

References

Ayu, W., dan Perdana, I., 2014, Perancangan Sistem Informasi Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan Berbasis WEB Di PT. Qwords Company International. Jurnal Manajemen Indonesia, VOL. 14, No.3, April 2017. ISSN 2502-3713

Gat dan Kosasi, S. 2014. Pengembangan Aplikasi E-Recruitment Dalam Perekrutan Karyawan. Eksplora Informatika.

Kosasi, S., 2002, Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System), Pomtianak.

Lestari,S., 2013, Penerapan Metode Weighted Product Model Untuk Seleksi Calon Karyawan. Jurnal Sistem Informasi, VOL. 5, No.1 April 2013. ISSN 2355-4614.

L. Erawan, Dasar - Dasar PHP, Semarang: Sistem Informasi - Fasilkom Universitas Dian Nuswantoro, 2014.

Daihani, D., 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Ghalia Indonesia, Bogor.

Dicoding. 2021. “Use Case Diagramâ€. https://www.dicoding.com/blog/contoh-use-case-diagram (diakses tanggal 08 Juni 2021)

Sekawan Media. 2020. “Pengertian Internetâ€. https://www.sekawanmedia.co.id/ pengertian-internet (diakses tanggal 08 Juni 2021)

Sekawan Media. 2020. “Apa itu Mysqlâ€. https://www.sekawanmedia.co.id/ pengertian-mysql/ (diakses tanggal 08 Juni 2021)

Haviluddin., 2011, Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman. 6, 1-15.

Published

2023-05-29