SISTEM INFORMAI GEOGRAFIS JALUR PENDAKIAN GUNUNG BURANGRANG BERBASIS ANDROID (TUDI KASUS: JALUR LEGOK HAJI, CISARUA, KABUPATEN BANDUNG BARAT)

Authors

  • Iswanto Iswanto Universitas Nurtanio Bandung
  • Dian Andriyani
  • Mohamad Haitan Rachman Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v12i1.499

Abstract

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang cukup digemari oleh banyak kalangan di Indonesia. Setiap tahunnya terus mengalami peningkatan jumlah para pegiatnya. Kegiatan mendaki gunung memang tergolong kegiatan yang memiliki bahaya relatif tinggi. Karena para pendaki perlu berjalan menyusuri hutan dengan menghabiskan waktu yang lama dan menghadapi berbagai rintangan seperti kondisi jalur dan suhu yang dingin agar sampai ke tujuan untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Sebelum mendaki gunung, para pendaki wajib mempersiapkan banyak hal dan salah satunya adalah mencari informasi gunung dan jalur yang akan didaki. Meskipun saat ini informasi sudah tersebar luas di internet, namun hanya sebatas informasi non spasial saja, sedangkan informasi mengenai data spatial seperti koordinat (latitude dan longitude), waktu tempuh, jarak tempuh, dan ketinggian belum banyak tersedia. Berdasarkan hal tersebut, pada penelitian ini dibangun sebuah Sistem Informasi Geografis (SIG) yang menyediakan informasi mengenai kondisi jalur pendakian Gunung Burangrang melalui Legok Haji, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat berbasis Android yang bisa diakses mudah oleh para pendaki melalui ponselnya masing-masing. SIG ini dibangun menggunakan Android Studio, Visual Studio Code, ArcGIS dan React Native. Deangan adanya SIG ini akan mempermudah para pendaki gunung Burangrang untuk mengetahui jalur pendakian secara akurat.   Kata kunci: Burangrang, Pendakian, Jalur, Sistem Informasi Geografis, Android.

References

Nirwansyah, A. W. (2017). Dasar Sistem Informasi Geografi & Aplikasinya Menggunakan ARCGIS 9.3. Deepublish Publisher.

Komputer, W. (2014). Sistem Informasi Geografis Menggunakan ArcGIS. Elex Media Komputindo

Yudhi, R., & Suprayogi, A. (2018). Pembuatan Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu. Geodesi Undip, 7(024), 334.

Moch. Ikhsan & Dedy. (2019). Pembuatan Peta Jalur Pendakian Gunung Welirang Berbasis Web Mapping. Studi Kasus Di Gunung Welirang, Jawa Timur, 1.

Maharani, S. (2017). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Masjid Di Samarinda Berbasis Web. Jurnal Informatika, 11(1), 9.

MA Hamdani, S Utomo. Sistem Informasi Geografis (Sig) Pariwisata Kota Bandung Menggunakan Google Maps Api Dan PHP. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 11 No 1 2021

Issn, P., & Fatkhudin, A. (2019). Sistem Informasi Geografi Wisata Gunung Di Pekalongan Berbasis Android. 5(1), 13–18.

A.S Rosa & Shalahuddin M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. INFORMATIKA BANDUNG.

AD Rachmanto, D Hernawati. Perancangan Aplikasi Belajar Mengaji Ilmu Tajwid Berbasis Android . Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi vol 11 No 1 2021

Downloads

Published

2022-10-13