AUDIT SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V.3 DOMAIN SERVICE OPERATION (STUDI KASUS : PT. SEOKHWA INDONESIA)

Authors

  • Bambang Tjahyo Utomo
  • Ani Tawakalni

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v12i1.497

Abstract

Penelitian ini direncanakan untuk melakukan pengukuran pada PT Seokhwa Indonesia untuk mengetahui layanan TI pada perusahaan tersebut apakah sudah sesuai dengan best practice yang terdapat pada kerangka kerja ITIL V3, Service Operation. Adapun fokus dari Service Operation antara lain: Problem Management, Incident Management, Access Management, Request Fulfillment, dan Event Management. Pengukuran dilakukan dengan 4 tahap, antara lain: Perencanaan, Pemeriksaan Lapangan, Pelaporan, dan Tindak Lanjut. Hasil dari pengukuran ini adalah menemukan tingkat kematangan atas implementasi layanan TI. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 5 responden dan melakukan wawancara kepada Kepala Divisi IT.Hasil yang didapat tingkat kematangan layanan TI perusahaan berhenti di level 2 (Repeatable but intuitive). Penelitian ini juga menghasilkan 28 rekomendasi yang diberikan untuk perusahaan, agar dapat meningkatkan layanan TI mereka. Berdasarkan hasil tindak lanjut yang dilakukan, hampir seluruhnya rekomendasi yang diberikan kepada perusahaan diterima dengan baik, dan juga beberapa rekomendasi diantaranya telah dilakukan pada PT Seokhwa Indonesia, namun tentu saja dengan concern yang diperoleh melalui adanya penelitian ini, akan memberikan keinginan untuk perbaikan layanan dan performa divisi IT kedepannya. Kata kunci: Audit SI, ITIL V3, Layanan TI

Author Biography

Ani Tawakalni

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang

References

Sarno, R. (2009). Audit Sistem & Teknologi Informasi. Surabaya: ITS Press.

Isnanto, R. (2009, August 7). IT Governance. Diambil kembali dari Tata Kelola Teknologi Informasi: rizal.blog.undip.ac.id/files/2009/08/7_Pertemuan-ke- 7-Terakhir-IT-Governance.pdf

Blokdijk, G. (2008). ITIL IT Service Management - 100 Most Asked. Questions on IT Service Management and ITIL Foundation Certification,. Training and Exams. Queensland: Emereo Publishing.

Axelos. (2013). ITIL Maturity Model and Self-assessment Service.

Trivena, D. Y., & Anggraini, D. (2010). Pengelolaan TI PT.X dengan. ITIL V.3, Service Operation. Jurnal Sistem Informasi Vol. 5 No. 2, ISSN : 1907-1221

https://tka-online.kemnaker.go.id/login.asp

Cahyaningtyas, AR.Anggun, et al. 2012.â€Audit Sistem Informasi dengan ITIL Version 3 sub Domain Service Desk, Incident Management, dan Problem Management di Bidang Keuangan Dishubkombudpar Kota Salatigaâ€. Skripsi Salatiga : Jurusan Sistem Informasi Universitas Kristen Satya Wacana.

Kurniawati, Ria., dan Manuputty, A.D. 2013. “Analisis Kualitas Layanan Teknologi Informasi dengan Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library V.3 (ITIL V.3) Domain Service Transition (Studi Kasus pada Costumer Service Area Telkom Salatiga)â€. Skripsi, Salatiga : Jurusan Sistem Informasi Universitas Kristen Satya Wacana.

Junginger, Aprila. et al. 2016. “Analisis Kualitas Layanan TI pada Aplikasi SliMs Menggunakan Framework ITIL V.3 Domain Service Operation (Studi Kasus : Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga).

Office of Government Commerce (OGC). 2007. The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle, 1st ed., The Satationery Office Norwich.

A Heryana, YM Putra. "Perancangan Dan Implementasi Infrastruktur Jaringan Komputer Serta Cloud Strorage Server Berbasis Kendali Jarak Jauh (Studi Kasus Di PT. LAPI ITB)". Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2018

Downloads

Published

2022-10-13