IMPLEMENTASI DATA MINING PADA MODUL ANALISIS DATA PENJUALAN DI FINANCE CHIKOISME SYSTEM MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Haprila Yuliana Jayanti President University

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v11i1.422

Abstract

Finance Chikoisme System adalah sebuah sistem pencatatan dan pemrosesan transaksi penjualan pada Chikoisme berbasis web. Chikoisme adalah sebuah grosir online yang bergerak di bidang penjualan tas dan aksesoris lainnya. Data transaksi yang banyak dapat menghasilkan suatu informasi yang bermanfaat. Salah satu informasi yang dapat diperoleh adalah tentang keterkaitan barang. Dengan adanya informasi keterkaitan barang, pemilik membuat promo atau paket berdasarkan informasi tersebut. Pada era ini, terdapat tools pengolahan data yang ada menjadi sebuah informasi. Data mining merupakan penggalian data untuk mendapatkan sebuah informasi bagi penerimanya. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma dalam data mining yang masuk ke dalam sifat descriptive dengan jenis asosiasi. Dengan algoritma ini, dapat diketahui keterkaitan antar barang dengan melihat nilai support dan confidence pada kombinasi barang. Untuk menganalisis data transaksi pada Chikoisme, dibuat sebuah modul analisis data penjualan pada finance chikoisme system yang mengimplementasikan data mining dengan algoritma Apriori. Pembuatan modul ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan framework Codeigniter. Untuk pengujian nilai keterkaitan antar barang ini dilakukan dengan menghitung nilai lift ratio pada nilai tersebut. Penyajian hasil analisis akan dituangkan dalam bentuk tabel. Tujuan penelitian ini yaitu agar pemilik dapat melihat keterkaitan antar barang pada data histori transaksi sehingga dapat membantu dalam pembuatan promo ataupun paket barang.

References

R. Susanto dan A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping,†Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 14 No. 1.

J. Han dan M. Kamber, Data Mining, Southeast Asia Edition: Concepts And Techniques, San Fransisco: Morgan Kufmann, 2006

D. D. Setiawan, “Penggunaan Metode Apriori untuk Analisa Keranjang Belanja Pasar Pada Data Transaksi Penjualan Menggunakan Java dan MySql,†April 2009

A. Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL, Jakarta: Universitas Budi Luhur, 2005.

L. Erawan, Dasar - Dasar PHP, Semarang: Sistem Informasi - Fasilkom Universitas Dian Nuswantoro, 2014

M. I. Ghozali, R. Z. Ehwan dan W. H. Sugiharto, “Analisa Pola Belanja Menggunakan Algoritma FP Growth, Self Organizing Map (SOM) dan K Medoids,†SIMETRIS, vol. 8 No 1, April 2017

“13 Kelebihan dan Alasan Memilih PHP untuk Membuat Website,†Kertas Putih Creative House, 07 Februari 2019. [Online]. Available: https://kertas-putih.com/blog-163-13-Kelebihan-dan-Alasan-Memilih-PHP-untuk-Membuat- Website. [Diakses 18 Oktober 2020].

B. Cogan, “HMVC: pengenalan dan aplikasi, “Envato, 18 Mei 2010. [Online]. Available: https://code.tutsplus.com/id/tutorials/hmvc-an-introduction-and-application--net- 11850. [Diakses 18 Oktober 2020].

A. Bahar, “MVC VS HMVC : Perbandingan, Kelebihan, dan Kekurangan Metode Tersebut dalam CodeIgniter, “Ayo Ngoding, 2018 November 9. [Online]. Available: https://www.ayongoding.net/mvc-vs-hmvc/. [Diakses 18 Oktober 2020].

Y. Yudhanto, Pengantar BPMN (Business Process Modeling Notation), Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com, 2003.

R. Fajar, “Mengenal Diagram UML (Unified Modeling Language), “CodePolitan, 2 Mei 2016. [Online]. Available: https://www.codepolitan.com/mengenal-diagram-uml-unified-modeling-language. [Diakses 18 Oktober 2020].

J. Alexandra, “Model - Model Digram UML,†Binus University, 15 Mei 2019. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2019/05/15/model- model-diagram-uml/. [Diakses 18 Oktober 2020].

J. W. Satzinger, R. B. Jackson dan S. D. Burd, Systems Analysis and Design in a Changing World, Boston: Course Technology, Cengage Learning, 2009.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practioner’s Guide Seventh Edition, Thomas Casson, McGraw-Hil, 2010.

M. Haikal, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Hasil Penjualan Barang Pada Toko Sinar Baru Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†2017.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†Jurnal Teknik Komputer, vol. 4 No 1, 2018.

R. Sari, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Data Mining Untuk Pola Peminjaman Buku Di Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang,†2018.

Downloads

Published

2021-11-29