APLIKASI PELAYANAN PERBAIKAN HARDWARE PERSONAL COMPUTER (PC) DIDUKUNG SISTEM PAKAR DENGAN METODE FORWARD CHAINNNG BERBASIS WEB DI DEPARTEMEN MANUFACTURING DIGITAL TRANSFORMATION PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

Authors

  • Imam Qostholani PT Dirgantara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v10i2.397

Abstract

PT. Dirgantara Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang produksi Pesawat Terbang. Pada perusahaan ini terdapat berbagai macam departemen guna menunjang kegiatan perusahaan. Salah satunya adalah Departemen Manufacturing Digital Transformation (MDT) yang berada dibawah Divisi Rekayasa Manufaktur Direktorat Produksi. Didalam Departemen MDT terdapat bagian Computer System Administration & Support (CSAS) yang berfungsi sebagai tim support dalam pelayanan perbaikan Personal Computer (PC) meliputi hardware dan software, perbaikan printer, pemasangan dan perbaikan jaringan khusus di Direktorat Produksi. Saat ini proses pelayanan perbaikan hardware PC di bagian CSAS Departemen MDT masih dilakukan secara manual, dimulai dari pegisian form pelayanan perbaikan hardware PC yang masih berbentuk kertas sehingga laporan perbaikan tidak tersimpan dengan lengkap dan baik, penyampaian informasi kepada pelanggan (dalam hal ini yaitu pemilik PC) tentang status perbaikan masih melalui telepon atau pembicaraan secara langsung , pembuatan laporan perbaikan serta perhitungan durasi perbaikan PC untuk kebutuhan Key Performance Indicator (KPI) yang masih dikerjakan secara manual. Untuk proses diagnosa kerusakan hardware PC, terkadang teknisi bagian CSAS membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendiagnosanya, sehingga teknisi terkadang menunda perkerjannya hanya untuk menentukan langkah perbaikan yang tepat. Dengan adanya beberapa kendala tersebut, maka perlu adanya sebuah aplikasi untuk menangani proses pelayanan perbaikan hardware PC di Departemen MDT, agar kendala yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.

References

Bernadhed. 2013. “Sistem Informasi Pelayanan Produk Berbasis Vendor Berkartâ€.Yogyakarta : Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (Semnas teknomedia) 2013. STMIK AMIKOM Yogyakarta 19 Januari 2013.

Hakim, Lukmanul. 2010. Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter.Yogyakarta : Lokomedia.

Ikram. 2008. Perangkat Lunak. Retrieved Juli 01, 2019, from http://digilib.unila.ac.id.

Kurniawan, Helmi dan Iwan Fitrianto Rahmad. 2012. “Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Pada Tanaman Cabe Dengan Metode Certainty Factorâ€. Indonesia: Journal CCIT Vol.5 No.2-2012.

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan, Yogyakarta : Andi.

Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PenerbitGrahaIlmu.

Lumbantoruan, Marurat. (2008, 07 01). Teknik Awal Diagnosa Permasalahan Komputer Dengan Diagram Alur (Flowchart). https://ilmukomputer.org/2008/07/01/teknikawal-diagnosa-permasalahan-komputer-dengandiagram-alur-flowchart. Diakses 20 Mei 2019.

Utomo, Suharjanto dan Mardiono, Tiyo. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Pada Perumahan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Rafi’i, Muhammad. 2008. Cara Cepat Membuat Website. Surabaya : Tiara Aksa.

Rohman, Abdul. 2017. Perbaikan dan Perawatan PC & Laptop : Jasakom.

Safaat H, Nazruddin. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi). Bandung : Informatika.

Sarwono, Jonathan dan Prihartono, K., 2012. Perdagangan Online : Cara Bisnis di Internet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sutedja, Wira. 2007. Panduan Layanan Konsumen, Jakarta: PT. Grasindo.

Suyanto, M. 2005. Pengantar Teknologi Infomasi untuk Bisnis. Yogyakarta : Andi.

Turban, E, Jay E. 2001.“Decision Support Systems and Intelligent Systemsâ€,. Aronson, 6th edition, Copyright 2001, Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ.

Zuhri, A. S. (2014, 11 05). Pengertian Servis (Perbaikan). http://aguszuhri26.blogspot.com/2014/11/pengerti an-servis-perbaikan.html. Diakses 01 Juli 2019.

Downloads

Published

2021-09-19