SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR DAN PENGENDALIAN PINTU AIR BERBASIS MICROCONTROLLER NODECODE MCU ESP8266

Authors

  • Tryan Fitra Ramadhan
  • Wahyu Triono Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v10i2.396

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara dengan jumlah kepulauan terbanyak yang ada di dunia. Sebagai negara yang memiliki curah hujan tinggi, Indonesia menjadi sangat rentan sekali dengan bencana banjir. Bendungan adalah bangunan melintang sungai yang berfungsi untuk meninggikan muka air sungai, selain itu pemanfaatan bendungan untuk keperluan sektor-sektor yang menyangkut terhadap kebutuhan air seperti pembangkit tenaga listrik ataupun sistem irigasi sawah ataupun perkebunan. Bendungan juga dilengkapi dengan pintu air yang dapat dioperasikan buka dan tutup secara bertahap ataupun secara terus-menerus guna kepentingan sesuai kebutuhan. Sering terjadi masalah di bendungan antara lain adalah lalainya petugas dalam mengontrol sistem buka tutup pintu air pada bendungan, kurang efisiennya sistem karena masih secara manual, dan jangkauan petugas dengan lokasi pintu air memerlukan waktu. Alat yang digunakan yaitu water level sensor berfungsi sebagai alat pendeteksi ketinggian air, selain itu juga ada modul ESP8266 sebagai Wi-Fi yang berfungsi menghubungkan microcontroller ke web untuk mengirim hasil deteksi dari sensor water level. Pembuatan skripsi ini dilakukan dengan merancang, membuat dan mengimplementasikan komponen-komponen sistem meliputi modul ESP8266 sebagai pengendali utama, sensor water level sebagai sensor yang akan mendeteksi ketinggian air. Dan juga merancangan sebuah aplikasi yang akan digunakan untuk menampilkan nilai sensor (water level). Rancangan yang dibuat berupa prototype yang diharapkan dapat dikembangkan dikemudian hari.

References

Mapata.2017.Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Silabus Kurikulum 2013 Versi 2016.Yogyakarta.Deepublish.

Enterprise, Jubilee. 2015. Mengenal Dasar-Dasar Pemograman Android, Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Andi Nalwan, Paulus. (2003). Panduan Praktis Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikrokontroller. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Wicaksono, M.F., dan Hidayat. 2017. “Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino Disertai 23 Proyek, termasuk Proyek Ethernet Shield dan Wirelles Client Serverâ€. Bandung: Informatika Bandung.

Sulistyowati dan Dedi Dwi Febriantorodi. 2012. â€Perancangan Prototype Sistem Kontrol dan Monitoring Pembatas Daya Listrik Berbasis Mikrokontrolerâ€. Jurnal IPTEK Vol.16, No.1.

Subandi. 2014. Sistem Aplikasi Kran Otomatis Untuk Penghematan Air Berbasis Mikrokontrol Atmega 16. Jurnal. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Alfian Ahkam Sougy. 2018. “Rancang Bangun Smart Garden Berbasis IoT Menggunakan Aplikasi Blynkâ€. Tugas Akhir. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan.

Downloads

Published

2021-09-19