PENERAPAN CERITA RAKYAT TANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN VISUAL NOVEL (VN) DENGAN MENGGUNAKAN REN’PY

Authors

  • Rizky Nur Falah
  • Suhana Minah Jaya Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v10i2.395

Abstract

Visual Novel termasuk salah satu jenis permainan petualangan, yang difokuskan di bagian penceritaan, sehingga pemain seringkali hanya membaca novel di komputer pribadi yang menampilkan gambar beserta teks dan suara. Seringkali pemain diharuskan untuk memilih di antara pilihan-pilihan yang ada untuk melanjutkan ke jalan cerita selanjutnya, dan setiap pilihan yang diambil dapat memengaruhi jalan cerita dari Visual Novel yang sedang dimainkan. Istilah lain untuk Visual Novel adalah novel game atau sound novel (novel bersuara). Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk membuat penyampaian cerita Tangkuban Perahu menjadi lebih interaktif. Game visual novel ini  dibangun menggunakan game engine Ren’Py dengan bahasa pemograman Python yang telah disederhanakan.

References

Vaughan, Tay. Multimedia: Making it Work 6th ed. San Fransisco: McGraw-Hill, 2004.

Henry, Samuel. Panduan Praktis Membuat Game 3D Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Cavallaro, Dani (2010). Anime and the visual novel: narrative structure, design and play at the crossroads of animation and computer games. McFarland & Company. hlm. 8. ISBN 0-7864-4427-4.

Lebowitz, Josiah; Klug, Chris (2011). "Japanese Visual Novel Games". Interactive storytelling for video games: a player-centered approach to creating memorable characters and storie. Burlington, MA: Focal Press. hlm. 192–4. ISBN 0-240-81717-6.

QuickJump staff (24 November 2007)

"What is Python Good For?". General Python FAQ. Python Software Foundation. Diakses tanggal 2019-03-01.

"What is Python? Executive Summary". Python documentation. Python Software Foundation. Diakses tanggal 2019-03-01.

"General Python FAQ". python.org. Python Software Foundation. Diakses tanggal 2019-03-01.

mynameis8.wordpress.com/2013/08/01/pengertian-dan-ciri-ciri-cerita-rakyat Diakses tanggal 2019-03-01

volcano.si.edu/volcano.cfm?vn=263090 Diakses tanggal 2019-03-01

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

kelasindonesia.com Diakses Tanggal 2019-08-30

Rahma, Faulia. (2017). Cerita Rakyat Nusantara. ISBN 9786021267714

Downloads

Published

2021-09-19