PERANCANGAN MADING DIGITAL INTERAKTIF DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA STUDI KASUS : UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG

Authors

  • Suharjanto Utomo Teknik Informatika Universitas Nurtanio Bandung
  • Aris Riyo Naldi Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v9i2.365

Abstract

Pertumbuhan kebutuhan informasi sangat tinggi diimbangi dengan perkembangan sistem terkomputerisasi. Penyampaian informasi memerlukan pihak internal, eksternal dan media perantara untuk menjembatani. Penataan tampilan majalah dinding memerlukan suatu terobosan yang baru untuk membuat lebih menarik, tertata dan mudah untuk diakses sehingga semuanya menjadi tertata. Media komunikasi massa dengan memanfaatkan media interaktif dapat menimbulkan arus informasi timbal balik yang tepat sasaran, tepat guna dan menguntungkan sehingga informasi dapat tersalurkan ke pengguna pada saat itu juga. Pengembangan elektronik mading digital untuk mahasiswa sebagai sarana mendukung dan mempermudah komunikasi massa merupakan media interaktif dengan fitur utama mengelola informasi majalah dinding, mengelola informasi yang akan disediakan, m. Dirancang dengan menggunakan usecase diagram, activity diagram dan class diagram. Mading Digital dibangun dengan menggunakan konsep Model-View-Controller (MVC) dengan bahasa pemrograman PHP, dan basis data MySQL.Elektronik mading menyediakan layanan berupa pengelolaan informasi majalah dinding pengguna dengan multiuser dan pengelolaan informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

References

D. Komalasari and I. Solikin, “Penerapan Aplikasi Mading Digital Berbasis Web Pada MA. Miftahul Huda Kabupaten OKIâ€, JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 27-36, Jun. 2018.

Wahyudi Firdaus, “Rancang Bangun Mading Online Berbasis Web

“(Studi Kasus:Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)â€, Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi , Vol.2, No 2, Agustus 2016

Mustakini. Jogiyanto Hartono. 2009. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Edi. Doro, dan Betshani. Stevalin.2009. Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Mustakini, Jogianto Hartono. 2009. Sistem Informasi Tegnologi, Yogyakarta: Andi Offset

https://widuri.raharja.info/index.php/TA1133368671

https://id.wikibooks.org/wiki/Pemrograman_PHP

Downloads

Published

2021-04-07