PEMILAHAN JENIS SAMPAH LOGAM DAN NON-LOGAM SKALA KECIL SECARA OTOMATIS BERBASIS ARDUINO (SMART TRASH CAN)

Authors

  • Lukman Nulhakim PT Dirgantara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v9i2.363

Abstract

Produksi sampah setiap hari semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah produk dan pola konsumsi masyarakat. Cara untuk meminimalisir dampak dari sampah tersebut adalah dengan mendaur ulang sampah. Sampah terbagi menjadi dua yaitu Organik dan Anorganik. Sampah Organik adalah sampah yang dapat membusuk, sedangkan sampah Anorganik adalah sampah yang dapat didaur ulang menjadi barang yang bisa bermanfaat kembali.Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diimplementasikan sebuah sistem tempat sampah otomatis dengan menggunakan Arduino Mega2560 dan sensor Proximity Induktif CNTD CJY18-08NA yang berfungsi sebagai pendeteksi sampah logam, sebagai penggerak digunakan Motor Servo MG995. Sensor Ultrasonik HC-SR04 yang berfungsi sebagai pendeteksi tempat sampah saat kosong maupun penuh, LCD I2C berfungsi menampilkan masukan/ keluaran yang dihasilkan dari sistem. Aplikasi Roboremo dan board Wifi Node MCU yang berfungsi sebagai alat untuk mematikan Alarm saat tempat sampah sudah terisi penuh.Hasil akhir perancangan tersebut menghasilkan alat yang mampu mendeteksi sampah logam dan non-logam,selain itu alat bisa memberitahukan jika tempat sampah sudah terisi penuh. Dengan adanya alat ini diharapkan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

References

Prengky L.E.Aritonang, Bayu E.C, Steven Daniel K, Julyar Prasetyo “Rancang Bangun Alat Pemmisah Sampah Cerdas Otomatisâ€

Abdul Kadir. “ Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroller dan Pemrogramannya menggunakan Arduino†Penerbit Buku : Andi. (2012)

Arduino (Sumber: Artanto,2012:2)

Hardware arduino .(Sumber: Istiyanto, 2014:19)

Downloads

Published

2021-04-07