SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENYELEKSIAN KONSUMEN TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)

Authors

  • Susanti Susanti CV Harapan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v9i1.341

Abstract

CV. Harapan Jaya yaitu Perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis di bidang retail, dan menjual langsung produk kepada konsumen. Konsumen terbaik selalu di berikan  bonus secara cuma – cuma oleh pihak Perusahaan.  Pemberian bonus di lakukan secara berkala yaitu 6 bulan sekali dalam perhitangan periode 1 bulan sekali. Akan tetapi dalam proses pemilihan Konsumen terbaik , CV. Harapan Jaya mengalami kesulitan dalam menentukan konsumen mana yang akan mendapatkan bonus / reward. Dengan menggunakan komputer sebagai salah satu alat bantu dalam proses pengambilan keputusan untuk menentukan konsumen terbaik yang di dukung dengan metode weighted product untuk memperoleh hasil yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk pemilihan konsumen terbaik yang nantinya layak di berikan bonus oleh CV. Harapan Jaya dengan melihat dari nilai kiteria – kriteria konsumen dan penilaian dari kantor. Hasil penelitian berupa aplikasi “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Weighted Product (wp) Berbasis Web ” dibangun dengan bahasa pemrograman php menggunakan Mysql.

References

Kusumawati, D. (2015). Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Simple Additive Weighting Dan Weighted Product. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer.

Ahmadi, A., & Wiyanti, D. T. (2014). Implementasi Weighted Product (WP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Lestari, S. (2014). Penerapan Metode Weighted Product Model Untuk Seleksi Calon Karyawan. Jurnal Sistem Informasi.

Ningrum, (2012). Metode Weighted product (WP). Andi:Yogyakarta.

Nurjannah, N., Arifin, Z., & Khairina, D. M. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor dengan Metode Weighted Product. Jurnal Informatika Mulawarman.

Turban, E., Jay E., Aranson dan Liang. (2007). Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Ahli Bahasa : Dwi Prabantini. Andi:Yogyakarta.

Utomo, Suharjanto dan Mardiono, Tiyo. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Pada Perumahan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Downloads

Published

2020-07-22