PENCARIAN RUTE TRAYEK ANGKOT TERPENDEK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA DAN HAVERSINE FORMULA

Authors

  • Tiofani Atsilahasna Labibah Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v8i2.315

Abstract

Sebuah aplikasi telah dialisis, dirancang, dan diimplementasi, aplikasi ini dirancang dengan menggunakan Algoritma Dijkstra dan Formula Haversine. Tujuan Aplikasi ini adalah pencarian rute terpendek trayek dilakukan dengan menggunakan algoritma dijkstra sebagai algoritma pencarian jarak dan formula haversine untuk mencari jarak antara dua titik dengan koordinat latitude dan longitude pada GoogleMaps. Hasil dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk membantu orang-orang menggunakan transportasi secara efisien, dengan sampel angkot di Kota Bandung sebagai media penelitian. Untuk pengembagan mengintegrasikan 4 aplikasi: mobile-sensor, aplikasi-pengguna, manajemen-trayek dan server. Sistem dapat diimplementasi penuh ketika seluruh rute,verteks, dan mobile sensor telah tersedia.Kata Kunci: rute terpendek, trayek, angkot, algoritma dijkstra, formula haversine

References

Kamil R., "Smart City Bandung", https://sustainabledevelopment.un.org/c

ontent/documents/12659kamil.pdf.Diakses, 25 Maret 2016

Aminah S., "Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan"

http://www.journal.unair.ac.id/filerP/Transportasi%20Publik%20dan%20Aksesibilitas.pdf. Diakses, 25 Maret 2016

Rini, Interviewee (2015) : Smart Transportation Bandung. IDMF-ITB, Desember 2.

S. Carr, J. Mayo dan C.-K. Shene, (2001). "Race Conditions: A Case Study" : The Journal of Computing in Small Colleges, vol. 17, pp. 88-102

A. Stavrou, "CS 571 Operating Systems- Process Synchronization"

https://cs.gmu.edu/~astavrou/courses/C S_571_F09/CS571_Lecture3_synchronization.pdf. Diakses, 8 Januari 2016

Arius Dony (AMIKOM), (2009). "Aspek-Aspek Keamanan Komputer"

http://amikom.ac.id/research/index.php/karyailmiahdosen/article/view/1305. Diakses, 24 Maret 2016

N. Choubey, (2013). "Survey on Certain Algorithms Computing Best Possible Routes for Transportation EnquiryServices" : International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET),

vol. 2, no. 1, pp. 238-242, Januari

V. Patel dan C. Baggar, (2014). "A Survey Paper of Bellman-Ford

Algorithm and Dijkstra Algorithm for Finding Shortest Path in GIS Application" : International Journal of P2P Network Trends and Technology

(IJPTT), vol. 5, no. 2, pp. 1-4, Februari

D. P. V. Ingole dan M. M. K. Nichat, (2013). "Landmark based shortest path detection by using Dijkestra Algorithm and Haversine Formula" : International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA), vol. 3, no. 3, pp. 162-165

M. Yan, "DIJKSTRA’S ALGORITHM", http://math.mit.edu/~rothvoss/18.304.3PM/Presentations/1-Melissa.pdf. Diakses, 20

Maret 2016 Putra, Pahlevi Ridwan, dkk. 2016. “Pencarian Rute Trayek Angkot Terpendek di Kota Bandung pada Sistem Angkot Tracerâ€.Teknik Komputer dan Informatika. Politeknik Negeri Bandung. Bandung.

Downloads

Published

2020-04-02