IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PROMOSI UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG MENGGUNAKAN UNITY 3D

Authors

  • Ariawan Djoko Rachmanto Program Studi Teknik Informatika Universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/fiki.v8i1.237

Abstract

Teknologi komputer dan multimedia berkembang sangat cepat, salah satunya teknologi Augmented Reality yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia visual. Meskipun perkembangannya mulai menjamah ke berbagai aspek bidang namun perkembangan dibidang promosi jasa atau barang masih belum maksimal. Penelitian ini merupakan upaya untuk menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari penelitian ini berupa media pengenalan promosi Universitas Nurtanio Bandung khususnya Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika, yang dibangun dengan processing dari pustaka Unity 3D. Sistem dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows XP, Windows 7 32bit dan Windows 7 64bit yang telah terinstal Java sebelumnya. Media promosi ini diharapkan dapat meningkatkan minat calon mahasiswa dan menjadi sesuatu yang baru dalam bidang promosi dan diharapkan aplikasi dibidang promosi berbasis Augmented Reality ini lebih dikembangkan lagi. Kata Kunci: Augmented Reality, Media Promosi, 3D Modelling

References

Amin, D. &. (2015). International Journal on Computational Sciences & Application (IJCSA), 2-7. Comparative Study of Augmented Reality SKD's.

Enterprise, J. (2010). 30 Bisnis Berbasis Ide bagi Siapa pun. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Furht, B. (2011). Handbook of Augmented Reality. New York: Springer.

Katiyar, A. K. (2015). Marker Based Augmented Reality. Advances in Computer Science and Information Technology, 2.

Pressman, R. S. (2015). Software Engineering: A Practitioner's Approach 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Prof. Dr. Ir. Marimin, M. I. (2006). Sistem informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Grasindo.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Kompas Gramedia Building.

Rumajar, R. (2015). E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, Vol.4, No.6 (2015), ISSN: 2301-8402. Perancangan Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality , Vol.4, No.6.

Soma, I. H. (2007). Student Guide Series Pengenalan 3DS MAX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.sss

Downloads

Published

2019-03-07

Issue

Section

Articles