FAKTOR-FAKTOR DOMINAN PROMOSI YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI SUATU PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP

Authors

  • Melia Eka Lestiani

Abstract

Persaingan suatu produk sekarang ini, perusahaan harus berusaha untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dapat terpenuhi apabila perusahaan memahami perilaku konsumen. Maka dari hal diatas, tampak betapa pentingnya usaha pemahaman konsumen. Apalagi saat ini banyak perusahaan baru yang menjual produk baru dengan harga murah atau mereka mempunyai keunikan tersendiri dan gengsi yang ditawarkan kepada masyarakat diyakini dapat menyerap banyak masyarakat yang akan membeli suatu produk. Sehubungan dengan latar belakang di atas timbul persoalan/masalah, apa yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan, dalam rangka memotivasi konsumen untuk dapat membeli produknya. Untuk itu agar dapat menjawab pertanyaan diatas penulis menggunakan analisa faktor (factor analysis) dan proses analisa hirarki (analytical hierarchi process) sebagai solusinya. Dari analisa faktor, diperoleh hasil bahwa Untuk aspek harga, besarnya harga produk adalah faktor utama yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih suatu produk. Untuk aspek keunikan, kelebihan suatu produk  adalah faktor utama yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih suatu produk. Untuk aspek gengsi, iklan di media elektronik adalah faktor utama yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih suatu produk.

References

Dillon, William R. Mathew Golstein, “Multivariate Analysis Methods and Aplication“, New York, John Wilay and Sons, 1984.

Gasperz, Vicent, “Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan 2“, Bandung, Tarsito. 1992.

Hay, WL, 1969 “Scalling Methodâ€.

Marrison, Donald F. “Multivariate Statistical Methodsâ€, New York, mc. Graw Hill. Inc. 1990.

Norusis, Marija J. “SPSS for Windows Base System User’s Guideâ€, Rellease 6.0, Chicago, Illionis, SPSS. Inc. 1993.

Porter, Michael.E. “Keunggulan Bersaing, Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul“, Erlangga. 1985.

Rahayu, Sri. “Aplikasi SPSS Versi 12.00 Dalam Riset Pemasaranâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung. 2005.

Santoso, Singgih. “SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesionalâ€, Jakarta, Gramedi, 1999.

Singarimbun, Masri, Sofian Effendi, Jakarta, LP3S, 1989 “Metode Penelitian Survaiâ€.

Sugiyono dan Eri Wibowo, 2001, “Statistika Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS 10.0 for Windowsâ€, Alfabeta, Bandung.

Walpole Ronald E, Raymond H. Myers. “Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwanâ€, Edisi ke 2, Penerbit ITB, Bandung. 1986.

Zulfikar, Waluyo. "DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIS DALAM PEMBANGUNAN BANDARA UDARA KERTAJATI DI KABUPATEN MAJALENGKA." Sosiohumaniora 19, no. 3 (2017).

Zulfikar, Waluyo. "IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSPOR ROTAN DAN PRODUK ROTAN DI KABUPATEN CIREBON." Sosiohumaniora 14, no. 2 (2012): 167.

Zulfikar, Waluyo. "FORMULASI KEBIJAKAN PENDIRIAN LEMBAGA PERADILAN KHUSUS HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN BEKASI." Creative Research Journal 3, no. 01 (2017): 55-72.

Zulfikar, Waluyo, and Koko Enang. “Hubungan Pusat dan Daerah.†GN Press, 2017.

Rochaeni, Atik, and Waluyo Zulfikar. “Pengelolaan Sampah : Problematika dan Kebijakan.†GN Press, 2017.

Sopandi, Encep, Erna Maulina, Anang Muftiadi, and Waluyo Zulfikar. “Keunggulan Bersaing Kerajinan Bambu.†GN Press, 2017.

Zulfikar, Waluyo. “Implementasi Kebijakan Ekspor Rotan di Kabupaten Cirebon.†Universitas Padjadjaran, 2012.

Rukayat, Yayat. "KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN PASIRJAMBU." Jurnal Ilmiah Magister Administrasi 11, no. 2 (2018).

Rukayat, Yayat. “STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN.†JIMIA 2, no. 5 (2011): 34-49.

Rukayat, Yayat. “MEMUPUK JIWA DAN KOMPETENSI BERWIRASWASTA.†TRANSPARANSI 6, no. 01 (2011): 82-99.

Rukayat, Yayat. “TINJAUAN TERHADAP BIROKRASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI ERA OTONOMI DAERAH.†JIMIA IV, no. 01 (2010): 17-28.

Rukayat, Yayat. “KEPEMIMPINAN DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK.†JIMIA III, No.1 (2009): 25-31.

Sopandi, Encep. "Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010)." manajerial 9, no. 18 (2011): 87-101.

Sopandi, Encep. "Strategy Of Business Development Bamboo Craft (A Study In Pasirjambu Village Pasirjambu District Bandung Regency)." AdBispreneur 2, no. 1 (2017).

Sopandi, Encep. "ANALISIS KEUNIKAN SUMBERDAYA DAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREATIF BAMBU (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat)." Journal of Management and Business Review 14, no. 2 (2017): 176-205.

Rochaeni, Atik. "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Kompetisi." Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 6, no. 12 (2008).

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles