THE ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN BANDAR UDARA DARI ASPEK FINANSIAL

Indonesia

Authors

  • Barliansah Beni universitas Nurtanio Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/indept.v12i1.536

Abstract

ABSTRAK   Dengan dijadikannya Kabupaten Bulungan sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Utara, berdampak pada peningkatan aktivitas sosial. Peningkatan aktivitas tersebut harus ditunjang dengan keberadaan kapasitas bandar udara. Maka dari itu untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan aktivitas tersebut, diperlukan sebuah bandar udara dengan sarana dan prasarana yang memadai. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah, apakah pengembangan Bandar Udara Tanjung Harapan ini layak atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan Bandar Udara Tanjung Harapan dari aspek finansial. Penelitian ini berfokus pada studi kelayakan investasi dalam upaya pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Tanjung Harapan untuk mengembangkan Bandar Udara Tanjung Harapan. Tujuan dari penelitian ini dijawab secara kuantitatif menggunakan analisis finansial yaitu Net Present Value, Internal Rate of Return, Benefit Cost Ratio dan Payback Period, dengan menggunakan Discount Factor 7%, Minimum Attractive Rate of Return 18% dengan umur proyek selama 20 tahun. Dari hasil analisis, diperoleh nilai Net Present Value sebesar 125.125.378.850, kemudian dengan menggunakan Discount Factor 20% dan 25%, diperoleh nilai Internal Rate of Return sebesar 23,07%, berdasarkan manfaat yang diterima dengan biaya yang dikeluarkan, diperoleh nilai Benefit Cost Ratio sebesar 1,55 dan perhitungan Payback Period yang didapatkan adalah pada 12 tahun. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Bandar Udara Tanjung Harapan layak untuk dilaksanakan karena memenuhi kriteria studi kelayakan investasi dari aspek finansial. Kata kunci : Analisis Kelayakan, Net Present Value, Internal Rate of Return, Benefit Cost Ratio, Payback Period.   ABSTRACT   By making Kabupaten Bulungan the capital of Provinsi Kalimantan Utara, it has an impact to increasing social activity. Increased activity must be supported by the presence of airport capacity. This understanding is to anticipate that an increase in activity requires an airport with adequate facilities and infrastructure. The problem to be discussed in this research is whether the development of Tanjung Harapan Airport is feasible or not. The purpose of this research is to determine how the feasibility of developing Tanjung Harapan Airport by a financial aspect. This research focuses on an investment feasibility study in the efforts of the Kalimantan Utara Provincial government with the Class III Tanjung Harapan Airport Operation Unit to develop Tanjung Harapan Airport. The purpose of this research is answered by quantitative using financial analysis that is Net Present Value, Internal Rate of Return, Benefit Cost Ratio and Payback Period, using 7% Discount Factor, 18% Minimum Attractive Rate of Return with a project time of 20 years. From the analysis result, Net Present Value is 125.125.378.850, then by using a Discount Factor of 20% and 25%, Internal Rate of Return is 23,07% then based on the benefits received with the costs incurred, Benefit Cost Ratio is 1,55 and the calculation of Payback Period obtained is at 12 years. From this result it can be cloncluded that the Tanjung Harapan Airport development project is feasible to be carried out, because it qualifies the investment feasibility study criteria by the financial aspect. Keyword : Feasibility Analysis, Net Present Value, Internal Rate of Return, Benefit Cost Ratio, Payback Period.  
Vol. 12 No. 1 - 2023 : JuURNAL INDEPT

Downloads

Published

2023-06-11