Industri Sepatu Olahraga dengan Merek Asli Indonesia Sudah Seharusnya Menjadi Pemimpin Dunia

Authors

  • Fajar Sinaga UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG

Abstract

Empat aktivitas-nilai dalam rantai-nilai industri sepatu olahraga merek asli nasional yang harus difokuskan untuk dijadikan superior adalah pengembangan teknologi, manajemen sumberdaya manusia, pemasaran-distribusi, dan logistik masuk. Keempatnya harus prioritas jika industri ini diingini berdaya saing tinggi, dan sejajar dengan merek-merek global pendominasi puluhan tahun pasar internasional. Keempatnya dihasilkan oleh analisis faktor terhadap sejumlah faktor-pendorong orang membeli sepatu olahraga Nike, Adidas, dll. Lalu, untuk mendukung industri ini meraih kedudukan tsb, Pemerintah perlu mengkondisikan wilayah Indonesia menjadi berlian (habitat yang cocok), bagi industri tsb untuk unggul, yaitu dengan mendorong industri-indutri terkait berfokus pada industri sepatu olahraga ini. Peran penting kedua adalah memasukkan ke dalam kurikulum pendidikan dasar-menengah dan pendidikan-tinggi-teknik sasaran pembelajaran kemampuan desain-egineering dalam banyak hal, pengendalian mutu, penanganan material, dan penciptaan teknologi. Ketiga, peran penting pemerintah adalah dalam memajukan lembaga riset-pasar pemerintah-swasta, sehingga memiliki kemampuan baca-situasi lingkungan bisnis yang akurat setiap waktu, agar mampu  mendukung industri dari sisi informasi pasar. Dengan bantuan Model Berlian dari Porter, hal ini sangat mungkin, karena dapat ditunjukkan bahwa wilayah indonesia sangat potensial untuk dijadikan berlian bagi industri sepatu olahraga.

Author Biography

Fajar Sinaga, UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG

Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik

References

Sinaga, Fajar. 2003. Perancangan Sistem Peringkat Aktivitas-Nilai dalam Penetapan Sumber-sumber Diferensiasi Industri, Studi Kasus: Industri Sepatu Olahraga. Bandung: ITB

Mercedes D., Michael EP. Scott S. Clusters, Convergence, And Economic Performance. NBER Working Paper July 2012; No. 18250; 11-30

Frank TR. Competitive Advantage in Technology Intensive Industries. Technological Innovation: Generating Economic Results Advances in the Study of Entrepreneurship, Innovation and Economic Growth 2008; Volume 18: 201–225

Smit, AJ. The competitive advantage of nations: is Porter’s Diamond Framework a new theory that explains the international competitiveness of countries? Southern African Business Review 2010; Volume 14: 105-130

Alina Hagiu, Marinela B. The Competitive Advantage of Nations and The Particularities of Romanian Companies. Cross-Cultural Management Journal Issue 2 2013; Volume XV: 23-36

Muhammad AB, Paul K. Juliana MN. Demand Conditions According to Porter’s Diamond and Competitive Advantage of Automotive Firms in Pakistan. EJBMR, European Journal of Business and Management Research October 2019; Vol. 4, No. 5: 1-7

Wen-Cheng W, Chien-Hung L. Ying-Chien C. Types of Competitive Advantage and Analysis. International Journal of Business and Management May 2011; Vol. 6, No. 5:100-104

Satya DG. Comparative Advantage and Competitive Advantage: An Economics Perspective and a Synthesis. Athens Journal of Business and Economics 2015; Volume 1, Issue 1: 9-22

Downloads

Published

2021-02-09