Perbandingan FTA dan Markov Analysis pada Sistem Hidraulik Pesawat N219 berdasarkan Kegagalan “Total Loss of Braking Function

Authors

  • Yoga Yulasmana Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

Secara umum, tulisan ini berisi tentang penilaian keselamatan yang dilakukan pada sistem hidraulik Pesawat N219 untuk memastikan bahwa sistem tersebut dapat memenuhi persyaratan keselamatan. Selanjutnya, persyaratan keselamatan akan ditetapkan oleh otoritas penerbangan sebagai dasar sertifikasi untuk memenuhi CASR 23 sesuai dengan kategori N219 sebagai pesawat kategori komuter. Untuk melakukan proses penilaian keselamatan pada sistem ini, tulisan ini mengikuti proses yang diuraikan dalam dokumen SAE ARP4761. Proses tersebut mencakup Functional Hazard Assessment (FHA), Preliminary System Safety Assessment (PSSA), dan System Safety Assessment (SSA). Kemudian, proses tersebut akan fokus pada analisis kuantitatif untuk proses SSA berdasarkan kegagalan untuk “total loss of braking functionâ€. Secara khusus, analisis kuantitatif untuk proses ini akan menggunakan Fault Tree Analysis (FTA) dan Markov Analysis (MA) untuk membuat evaluasi secara komparatif. Karena Pesawat N219 masih dalam tahap mendapatkan Type Certificate, hasil komparatif yang diperoleh dari kedua metode dapat dipertimbangkan dalam pengembangan Pesawat N219 untuk versi militer. Selanjutnya, hasil perbandingan analisis kuantitatif dari tulisan ini diharapkan dapat diterapkan pada kondisi kegagalan lainnya karena modifikasi atau komponen tambahan dari sistem Pesawat N219 yang sudah ada.

Author Biography

Yoga Yulasmana, Universitas Nurtanio Bandung

Program Studi Teknik Penerbangan Fakultas Teknik

References

Federal Aviation Administration (2011): System Safety Analysis and Assessment for Part 23 Airplanes, ACE-100, Small Airplane Directorate.

Jianzhong, Y. and Julian, Z. (2011): Application Research of Markov in Flight Control System Safety Analysis, Procedia Engineering 17 (2011) 515 – 520.

Rouvroye, J.L. (2001): Enhanced Markov Analysis as A Method to Assess Safety in the Process Industry, Eindhoven: Technische Universiteit Eindhoven.

Andrews, J.D. and Ericson, C.A. (2000): Fault Tree and Markov Analysis Applied to Various Design Complexities, 18th International System Safety Conference September 11-16 2000, Fort Worth Texas, Radisson Plaza.

Kritzinger, D. (2016): Aircraft System Safety: Assessments for Initial Airworthiness Certification, Elsevier Ltd, UK.

Society of Automotive Engineers Inc. (1996): SAE ARP4761 Guidelines and Methods for Conducting the Safety Assessment Process on Civil Airborne Systems and Equipment, Warrendale, PA, SAE International.

Society of Automotive Engineers Inc. (1996): SAE ARP4754 Certification

Considerations for Highly-integrated or Complex Aircraft Systems, Warrendale, PA, SAE International.

Republic of Indonesia, Ministry of Transportation (2014): Airworthiness Standards: Normal, Utility, Acrobatic, and Commuter Category Airplanes, Amendment 2, Indonesia.

Downloads

Published

2020-05-16

Issue

Section

Articles