TINJAUAN TENTANG PENYIMPANGAN DATA PAYMENT ADVICE PADA SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) DI PT PAN BROTHERS, TBK

Authors

  • Wahyu Tri Lestariningsih Universitas Nurtanio

Abstract

Shipping Departement merupakan salah satu Departement yang berada di PT Pan Brothers, Tbk yang bertugas untuk mengurus proses pengiriman barang hasil produksi perusahaan ke negara tujuan Buyer/Customer. Bukan hanya mengurusi proses pengiriman (ekspor) tetapi juga mengurusi proses kegiatan atas impor barang (bahan baku) untuk kegiatan produksi. PT Pan Brothers, Tbk sebagai produsen garment yang berorientasi ekspor terbesar ke seluruh Amerika Serikat, Eropa bagian Barat dan Timur, Kanada, Asia, Australia, dan negara-negara lainnya, memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh pelanggan, maka Shipping Departement tidak akan lepas dari proses pengiriman hasil produksi perusahaan. Proses pengiriman (ekspor) hasil produksi perusahaan, Shipping Departement mengurusi semua kegiatan termasuk transaksi yang berhubungan dengan kegiatan ekspor barang bersangkutan. Dalam kegiatan tersebut terjadi penyimpangan menyangkut akan transaksi pembayaran Payment Advice yang diterima oleh perusahaan dari Buyer/Customer. Penyimpangan tersebut disebabkan oleh tidak dilakukannya peng-update-an data secara berkala atas informasi Payment Advice yang sudah diterima oleh perusahaan. Dari penyimpangan yang terjadi tersebut dapat dilakukan upaya penyimpangan dengan cara melakukan peng-update-an atau pembaharuan data Payment Advice secara berkala atau teratur, dan diinfokan atau dikoordinasikan atas data Payment Advice yang sudah diperbaharui kepada pihak terkait yang berhubungan langsung dengan data Payment Advice untuk dilakukan pengecekan atas data tersebut.  Proses pembuatan data Payment Advice menggunakan dua sistem penginputan dan pengarsipan, yaitu menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Microsoft Excel. Dari data yang terarsip dalam kedua sistem tersebut dilakukan pengecekan terhadap data Payment Advice yang diterima oleh perusahaan dari Buyer/Customer.  Kata kunci :Buyer, Payment.

Author Biography

Wahyu Tri Lestariningsih, Universitas Nurtanio

Program Studi Logistik Pembekalan, Fakultas Teknik

References

Agustina, Nuzulla. 2003. Buku Pintar UN Sosiologi SMA. Jakarta : Media Pusindo

A.Hall, Fagen Dan. 2007. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat

Buku Laporan Tahunan PT Pan

Brothers,Tbk. 2016. Tangerang

Davis, Gordon B. 2009. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : PT Midas Surya Grafindo

Djojodihardjo, Harijono. 1983. Metode Numerik. Jakarta : Erlangga

Gie, The Liang. 1980. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta : Pusat Kemajuan Studi

Indrajid dan Permono. 2005. Manajemen Manufaktur. Yogyakarta : Pustaka Fahima

Kornblum, William. 1964. Sociology. New York : Hougthon Mifflin

O’Leary. 2004. Database Management System. McGraw

Soekanto, Soerjono. 1988. Memperkenalkan Sosiologi. Jakarta : Rajawali

Todaro. 2004. Ekonomi Pembangunan. Jakarta : Universitas Terbuka

Utomo dan Triyoso. 2004. Analisis Kaulitas Antara Ekspor. Surabaya : Erlangga

Yunarto. 2006. Distribution. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Zulfikar, Waluyo. "Dampak Sosial, Ekonomi Dan Politis Dalam Pembangunan Bandara Udara Kertajati Di Kabupaten Majalengka." Sosiohumaniora 19, no. 3 (2017).

Zulfikar, Waluyo. "Implementasi Kebijakan Ekspor Rotan Dan Produk Rotan Di Kabupaten Cirebon." Sosiohumaniora 14, no. 2 (2012): 167.

Zulfikar, Waluyo. "Formulasi Kebijakan Pendirian Lembaga Peradilan Khusus Hubungan Industrial Di Kabupaten Bekasi." Creative Research Journal 3, no. 01 (2017): 55-72.

Downloads

Published

2020-05-16

Issue

Section

Articles