PERBANDINGAN METODA PERHITUNGAN TAKEOFF PERFORMANCE PESAWAT KONSEPTUAL FLYING CAR FOUR SEATER

Authors

  • Sezsy Yuniorrita Yusuf Universitas Nurtanio
  • Yoga Yulasmana Universitas Nurtanio
  • Riko Nurriyadi Universitas Nurtanio

DOI:

https://doi.org/10.56244/formateks.v1i2.636

Keywords:

-, Flying Car, Take off Performance, Metoda Approksimasi, dan Metoda Integrasi

Abstract

Konsep Urban Air Mobility telah berkembang sejak awal abad ke 20, salah satu konsep yang berkembang adalah flying car, dimana sebuah kendaraan dapat dioperasikan baik di jalan raya maupun di udara. Dalam operasinya, flying car diharapkan untuk dapat lepas landas tanpa membutuhkan landasan pacu yang khusus, untuk itu analisa performa takeoff menjadi sangat penting. Penelitian ini membandingkan dua metoda dalam perhitungan performa takeoff pada pesawat konseptual flying car four seater, yaitu metoda integrasi dan metoda aproksimasi, berdasarkan data aerodinamika dari software digital datcom. Dari hasil analisis yang dilakukan pada kondisi sea level (ISA+0) dapat diketahui bahwa perhitungan menggunakan metode integrasi menghasilkan hasil yang lebih konservatif dibandingkan dengan metode aproksimasi dengan perbedaan hasil sekitar 5,3%. Dimana perhitungan menggunakan metoda integrasi memiliki kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan dengan menggunakan metoda aproksimasi.  

Downloads

Published

2023-05-09