ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PROSES TRANSAKSI JUAL BELI DENGAN SISTEM CASH ON DELIVERY MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN DI CV. SUMBER RELOAD

Authors

  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma
  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • Dani Budianto STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.56244/formateks.v1i2.630

Keywords:

Delone and Mclean, Information Quality, Service Quality, System Quality, User Satisfaction

Abstract

Setiap teknologi mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri, baik teknologi dalam dunia kesehatan, pendidikan maupun transaksi jual beli. Dalam hal ini penulis melakukan analisis tentang kepuasan pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli menggunakan metode pambayaran cash on delivery, dimana peneliti menggunakan metode atau model Delone and Mclean, Merupakan suatu model penelitian yang dikembangkan dalam mengukur kesuksesan suatu sistem informasi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh c (1992). Pada model DeLone dan McLean atau yang lebih dikenal dengan D&M IS Success ini dimensi-dimensi kesuksesannya yang diukur semuanya saling berkaitan. Dari 100 responden yang dimintai keterangan informasi, diperoleh data kepuasan pelanggan secara global yaitu sangat puas 20%, puas 70% cukup puas 5% dan tidak puas 5%Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam model atau metode ini, yaitu tentukan System Quality,tentukan Information Quality, tentukan Service Quality sehingga menghasilkan User Statisfaction serta Net Benefit.

Downloads

Published

2023-05-09