PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH (STUDI PERUSHAAN ROKOK PT GUDANG GARAM TBK YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2017)

Endang Susilawati

Sari

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih PT Gudang Garam Tbk periode 2011-2017. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Analisis menggunakan analisis hipotesis yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa biaya produksi dan biaya promosi secara simultan berpengaruh terhadap Laba Bersih. Secara parsial biaya produksi tidak berpengaruh terhadap laba bersih, terdapat pengaruh, tetapi biaya Promosi berpengaruh terhadap laba bersih PT Gudang Garam Tbk periode 2011-2017.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu informasi untuk memaksimalkan laba bersih.

Kata kunci : Biaya Produksi, Biaya Promosi, Laba Bersih

 

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Djamalu, N. (2013). Pengaruh Biaya Produksi terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 - 2012. Ekonomi dan Bisnis, I.

Fadillah Zainnah Ramadhan. 2015. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih.

Felicia. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2015.

Hery. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah. Yogyakarta: CAPS. Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan: Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta. PT. Grasindo.

Iswandi, E. A. (2015, Desember). Pengaruh Pendapatan Usaha dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Industri Logam yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

J.Widnyana, I. M. (2014). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Laba UD Surya Logam Desa Temukus Tahun 2010 - 2012. Jurusan Pendidikan Ekonomi, IV.

Kurniawan, Albert 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Market Top Secret – Ramuan Sukses Bisnis Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta: ANDI.

Mulyana. Asep 2017. Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Lab Ausaha Samsung Co Tahun 2009-2015

Philip Kotler and Kevin Lane Keller. Alih Bahasa Benyamin Molan ,2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1, PT. Indeks.

Putra, Muhammad. (2016), Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih.

Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi Yang Efektif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustami, Putu dan I Ketut Kirya Wayan Cipta. 2014. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan terhadap Laba pada Perusahaan Kopi Bubuku Banyuatis.

Serfiyani, Cita Yustisia., R. Serfianto D. Purnomo & Iswi Hariyani. 2017. Capital

Siregar, S.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual

& SPSS. (Cetakan 4). Jakarta: Kencana,g

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Taopik Firmansyah dan Eris Darsawati. 2016. Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung Dan Biaya Promosi Terhadap Tingkat Laba Bersih Perusahaan Pada PD. Mochi Lampion Kaswari Periode 2012-2014. Jurnal Ilmiah Ekonomi Universitas Muhammdiyah Sukabumi Volume 5 Edisi 9. ISSN 2088696

Wayan Bayu Wisesa, Anjuman Zukhri dan Kadek Rai Suwena. 2014. pengaruh volume penjualan mente dan biaya operasional terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha. Singaraja, Indonesia.

www.sahamok.com/emiten/sektor-industri- barang-konsumsi/sub-sektor-rokok/

www.idx.co.id

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.