KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI SEBAGAI DETERMINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 214 JAKARTA

Penulis

  • Tita Meirina Djuwita Universitas Nurtanio Bandung
  • Heroe Irawan Universitas Nurtanio Bandung

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini kinerja guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari adanya gejala-gejala hasil yang dicapai dalam Ujian Nasional masih belum optimal. Hal ini dapat disebabkan dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan, masih ada beberapa guru yang belum memahami dan melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), bahkan kurikulum 2013 agar diterapkan sehingga KTSP belum sepenuhnya dilaksanakan sudah datang kurikulum baru, hal ini berdampak pada hasil siswa. Dalam menggrakkan guru Kepala Sekolah masih rendah, Hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru masih belum memuaskan. Hal ini terlihat dari siswa yang diterima di Sekolah Menengah Umum Negeri relatif kecil persentasenya.Tujuan penelitian ini untuk mempelajari, mengukur dan menganalisis dengan seksama secara ilmiah mengenai pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri 214 Jakarta.Metode dan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode analisis. Verifikatif statistik terhadap jawaban responden dilakukan dengan menggunakan analisis jalur, untuk melihat variabel independen kepemimpinan (X1) dan motivasi (X2) serta kinerja guru (Y) Sebagai Variabel Independen.Hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi dari jalur, pengaruh kepemimpinan (­X1) dan motivasi (X2) secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri 214 Jakarta sangat berpengaruh, sedangkan faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru yaitu perencanaan, kompetensi, kebijakan dan budaya organisasi.Sasaran bagi SMP Negeri 214 Jakarta hendaknya meningkatkan profesionalisme guru dalam menetapkan tujuan proses pembelajaran pada siswa hendaknya memberikan motivasi kepada para guru secara kontinyu dengan memberikan pengarahan tentang tugas pokok dan fungsi secara keseluruhan, hal ini dimaksudkan agar kinerja guru di SMP Negeri 2014 Kota Jakarta dapat tercapai, misalnya penghargaan kepada guru yang telah melaksanakan tugas dengan baik, serta memberikan waktu yang vukup kepada para guru untuk dapat meningkatkan kinerjanya.Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja

Referensi

BRANT AS

Dasar-Dasar Manajemen, Bandung, Alfabeta

KARTONO

Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

KOONTZ, Harold. O’Donnel, Cirl, Wehrich, Heinz, alih bahasa Hutawuruk

Manajemen, Editor alih bahasa Gunawan Hutaurak, Jakarta, Erlangga

KEBAN, Yeremias T,

Enam Dimensi Stratgis Administrasi Publik, Penerbit Gava Media, Yogyakarta

KUNCORO, Mudrajat

Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Kedua, UPP AMP YKPN, Yogyakarta

MULYASA, E

Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosda

NAWAWI, Hadari

Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta

PAMUDJI

Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia, Bina Aksara, Jakarta.

RIDUWAN

Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta, Bandung.

Rival, Veithzal

Performance Appraisal, Raja Gravindo Persada, Jakarta

SEDARMAYANTI

Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung Rafika Aditama

SEDARMAYANTI,

Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung, Rafika Aditama

SILALAHI, Ulbert

Studi Tentang Ilmu Administrasi, Penerbit Sinar Baru Algesindo, Bandung

SUDRIAMUNAWAR, Haryono

Kepemimpinan, Peran serta dan Produktivitas Bandung, Penerbit CV Mandar Manju

SUGIYONO

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RAD, Bandung: Alfabeta

WAHJOSUMIDJO

Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta, Ghana Indonesia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-03