PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA (Studi Kasus Di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung)

Authors

  • Tita Meirina Djuwita Universitas Nurtanio Bandung
  • Edy Wahyudi Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

Kepemimpinan dan pengorganisasian yang tepat pada suatu organsasi/institusi akan mampu menciptakan pelayanan prima. Hal ini dikarenakan di dalam tipe kepemimpinan memiliki karakteristik yang dapat diterima oleh bawahannya. Sedangkan pengorganisasian merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin untuk mempercepat terealisasinya tujuan organisasi/institusi.Penelitian ini difokuskan pada pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung yang masih belum optimal dengan fenomena kepemimpinan demokratis yang belum dapat dilaksanakan dengan baik serta tidak maksimalnya penerapan pengorganisasian sehingga dapat menurunkan pelayanan prima pegawai dengan perumusan masalah yaitu seberapa besar pengaruh kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian terhadap metode pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi, studi lapangan, observasi, studi kepustakaan, wawancara serta angket. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Besarnya pengaruh kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian terhadap pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung ditentukan oleh dimensi kepemimpinan demokratis dan pengorganisasianâ€.Hasil pengajuan hipotesis menunjukan bahwa kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian secara bersama-sama maka akan meningkatkan pelayanan prima dengan kontribusi sebesar 61,2% sedangkan sisanya 38,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti perencanaan, kebijakanm motovasi kerja dan budaya kerja.

References

ARIKUNTO, Suharsimi

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta

BARATA, Atep, Aadya

Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Cetakan Kedua, Gramedia, Jakarta

___________________

Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Cetakan Ketiga, November 2006, : Gramedia, Jakarta

BECK.robert

Motivation (Theories and Principle). Englewood Cliffs, New Jersey

DESSLER, Gary

Manajemen Personalia, terjemahan Agus Dharma, Jakarta, Penerbit Erlangga

BUNGIN, Burhan

Metodolgi Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua, Kencana Jakarta

DIMOCK, Koening

Publik Administration, New York, Rinehart & Company

DWIYANTO, Agus

Mewujudkan Good Governance Melalui Palayanan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Erlina,

Metodologi Penelitian, USU Press, Medan

Metode Penelitian : Untuk Akuntansi, USU Press, Medan

FRISKA

Kepemimpinan dalam Organisasi, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan

HANDAYANINGRAT, Soewarno

Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Sapdodadi, NV Jakarta

HANDOKO, Hani

Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia edisi 2, BPFE, Yogyakarta

Manajemen, Yogyakarya, BPFE-YOGYAKARTA.

KARTONO, Kartini

Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Patologi Sosial, Jakarta : Raja Grafindo Persada

KEBAN, Yeremias T

Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konep, Teori dan Isu, Yogyakarta: Gava Media

KOTLER, Philip and KELLER, Kevin L

Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Cetakan Pertama, Edisi 12, Jilid 2, diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Indeks, Bandung

KUNCORO, Mudrajaat

Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Kedua, UPP AMP YKPN, Yogyakarta

LAMB, et, al

Pemasaran, Buku 1, diterjemahkan David Octarevia, Salemba Empat, Bandung

LOVELOCK, CH dan WRIGHT, L,K.,

Manajemen Pemasaran Jasa, Penerjemah : Agus Widyantoro dan Tim, Indeks, Bandung

MAHMUDI

Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, UPP STIM YKPN, Yogyakarta

NAWAWI, Hadari

Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta : Gajah Mada Universiti Press

NUGROHO, Bhuono Agung

Strategi Jitu (Memimilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Andi, Yogyakarta

Parasuraman, Valerie A. Zeithaml, Leonard Berry

A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research Journal of Marketing, Volume 49

PASOLONG, Harbani

Kepemimpinan Birokrasi, Bandung : Alfabeta

Prastisto, Arif

Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Downloads

Published

2020-08-03