KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI SEBAGAI DETERMINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 214 JAKARTA
Abstract
Masalah dalam penelitian ini kinerja guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari adanya gejala-gejala hasil yang dicapai dalam Ujian Nasional masih belum optimal. Hal ini dapat disebabkan dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan, masih ada beberapa guru yang belum memahami dan melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), bahkan kurikulum 2013 agar diterapkan sehingga KTSP belum sepenuhnya dilaksanakan sudah datang kurikulum baru, hal ini berdampak pada hasil siswa. Dalam menggrakkan guru Kepala Sekolah masih rendah, Hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru masih belum memuaskan. Hal ini terlihat dari siswa yang diterima di Sekolah Menengah Umum Negeri relatif kecil persentasenya.
Tujuan penelitian ini untuk mempelajari, mengukur dan menganalisis dengan seksama secara ilmiah mengenai pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri 214 Jakarta.
Metode dan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode analisis. Verifikatif statistik terhadap jawaban responden dilakukan dengan menggunakan analisis jalur, untuk melihat variabel independen kepemimpinan (X1) dan motivasi (X2) serta kinerja guru (Y) Sebagai Variabel Independen.
Hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi dari jalur, pengaruh kepemimpinan (ÂX1) dan motivasi (X2) secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri 214 Jakarta sangat berpengaruh, sedangkan faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru yaitu perencanaan, kompetensi, kebijakan dan budaya organisasi.
Sasaran bagi SMP Negeri 214 Jakarta hendaknya meningkatkan profesionalisme guru dalam menetapkan tujuan proses pembelajaran pada siswa hendaknya memberikan motivasi kepada para guru secara kontinyu dengan memberikan pengarahan tentang tugas pokok dan fungsi secara keseluruhan, hal ini dimaksudkan agar kinerja guru di SMP Negeri 2014 Kota Jakarta dapat tercapai, misalnya penghargaan kepada guru yang telah melaksanakan tugas dengan baik, serta memberikan waktu yang vukup kepada para guru untuk dapat meningkatkan kinerjanya.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja
References
BRANT AS
Dasar-Dasar Manajemen, Bandung, Alfabeta
KARTONO
Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
KOONTZ, Harold. O’Donnel, Cirl, Wehrich, Heinz, alih bahasa Hutawuruk
Manajemen, Editor alih bahasa Gunawan Hutaurak, Jakarta, Erlangga
KEBAN, Yeremias T,
Enam Dimensi Stratgis Administrasi Publik, Penerbit Gava Media, Yogyakarta
KUNCORO, Mudrajat
Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Kedua, UPP AMP YKPN, Yogyakarta
MULYASA, E
Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosda
NAWAWI, Hadari
Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta
PAMUDJI
Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia, Bina Aksara, Jakarta.
RIDUWAN
Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta, Bandung.
Rival, Veithzal
Performance Appraisal, Raja Gravindo Persada, Jakarta
SEDARMAYANTI
Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung Rafika Aditama
SEDARMAYANTI,
Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung, Rafika Aditama
SILALAHI, Ulbert
Studi Tentang Ilmu Administrasi, Penerbit Sinar Baru Algesindo, Bandung
SUDRIAMUNAWAR, Haryono
Kepemimpinan, Peran serta dan Produktivitas Bandung, Penerbit CV Mandar Manju
SUGIYONO
Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RAD, Bandung: Alfabeta
WAHJOSUMIDJO
Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta, Ghana Indonesia