PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA (Studi Kasus Di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung)
Abstract
Kepemimpinan dan pengorganisasian yang tepat pada suatu organsasi/institusi akan mampu menciptakan pelayanan prima. Hal ini dikarenakan di dalam tipe kepemimpinan memiliki karakteristik yang dapat diterima oleh bawahannya. Sedangkan pengorganisasian merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin untuk mempercepat terealisasinya tujuan organisasi/institusi.
Penelitian ini difokuskan pada pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung yang masih belum optimal dengan fenomena kepemimpinan demokratis yang belum dapat dilaksanakan dengan baik serta tidak maksimalnya penerapan pengorganisasian sehingga dapat menurunkan pelayanan prima pegawai dengan perumusan masalah yaitu seberapa besar pengaruh kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian terhadap metode pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi, studi lapangan, observasi, studi kepustakaan, wawancara serta angket. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Besarnya pengaruh kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian terhadap pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung ditentukan oleh dimensi kepemimpinan demokratis dan pengorganisasianâ€.
Hasil pengajuan hipotesis menunjukan bahwa kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan prima di SMK Angkasa 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi kepemimpinan demokratis dan pengorganisasian secara bersama-sama maka akan meningkatkan pelayanan prima dengan kontribusi sebesar 61,2% sedangkan sisanya 38,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti perencanaan, kebijakanm motovasi kerja dan budaya kerja.
References
ARIKUNTO, Suharsimi
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta
BARATA, Atep, Aadya
Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Cetakan Kedua, Gramedia, Jakarta
___________________
Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Cetakan Ketiga, November 2006, : Gramedia, Jakarta
BECK.robert
Motivation (Theories and Principle). Englewood Cliffs, New Jersey
DESSLER, Gary
Manajemen Personalia, terjemahan Agus Dharma, Jakarta, Penerbit Erlangga
BUNGIN, Burhan
Metodolgi Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua, Kencana Jakarta
DIMOCK, Koening
Publik Administration, New York, Rinehart & Company
DWIYANTO, Agus
Mewujudkan Good Governance Melalui Palayanan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Erlina,
Metodologi Penelitian, USU Press, Medan
Metode Penelitian : Untuk Akuntansi, USU Press, Medan
FRISKA
Kepemimpinan dalam Organisasi, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan
HANDAYANINGRAT, Soewarno
Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Sapdodadi, NV Jakarta
HANDOKO, Hani
Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia edisi 2, BPFE, Yogyakarta
Manajemen, Yogyakarya, BPFE-YOGYAKARTA.
KARTONO, Kartini
Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Patologi Sosial, Jakarta : Raja Grafindo Persada
KEBAN, Yeremias T
Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konep, Teori dan Isu, Yogyakarta: Gava Media
KOTLER, Philip and KELLER, Kevin L
Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Cetakan Pertama, Edisi 12, Jilid 2, diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Indeks, Bandung
KUNCORO, Mudrajaat
Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Kedua, UPP AMP YKPN, Yogyakarta
LAMB, et, al
Pemasaran, Buku 1, diterjemahkan David Octarevia, Salemba Empat, Bandung
LOVELOCK, CH dan WRIGHT, L,K.,
Manajemen Pemasaran Jasa, Penerjemah : Agus Widyantoro dan Tim, Indeks, Bandung
MAHMUDI
Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, UPP STIM YKPN, Yogyakarta
NAWAWI, Hadari
Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta : Gajah Mada Universiti Press
NUGROHO, Bhuono Agung
Strategi Jitu (Memimilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Andi, Yogyakarta
Parasuraman, Valerie A. Zeithaml, Leonard Berry
A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research Journal of Marketing, Volume 49
PASOLONG, Harbani
Kepemimpinan Birokrasi, Bandung : Alfabeta
Prastisto, Arif
Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta