PENINGKATAN DAYA SAING BERBASIS PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM KRIYA DI JAWA BARAT

Enhancing Competitiveness through Digital Marketing in Craft MSMEs in West Java

Authors

  • Lina Marlina Triguna Tasikmlaya Polytechnic
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka
  • Ahmad Mundzir Udex Institute

DOI:

https://doi.org/10.56244/jimia.v18i1.845

Keywords:

Pemasaran digital, Daya saing, UMKM, Kriya, SEM

Abstract

Digitalisasi UMKM di Indonesia tumbuh pesat bahkan melebihi negara tetangga di ASEAN. Namun perkembangan pesat ini tidak diiringi pangsa pasar yang luas. Walaupun digitalisasi membawa manfaat bagi UMKM, tetapi pelaku usaha di Indonesia masih mengalami kendala dalam mengembangkan bisnisnya. Kendala yang paling tinggi adalah kesulitan UMKM dalam memasarkan produknya. Perlu penelitian mendalam tentang daya saing yang dikaitkan dengan perluasan pangsa pasar pada usaha kriya di Jawa Barat. Berdasarkan empirical gap yang terjadi maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis daya saing berdasarkan strategi digital marketing. Untuk mengetahui pengetahuan tentang transaksi, program, desain situs, dan interaktif dari pemasaran digital dalam memberikan kontribusi terhadap daya saing pelaku UMKM kriya di Jawa Barat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode deskriptif dan exploratory survey yakni teknik pengumpulan informasi melibatkan sebagian populasi dengan menggunakan kuisioner. Subjek penelitian para pelaku UMKM kriya. Objek peneltian adalah pemasaran digital dan daya saing. Sumber data menggunakan data primer pada pelaku UMKM kriya. Teknik sampling menggunakan rondom sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner yang diolah dengan menggunakan alat PLS SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran digital berpengaruh pada daya saing untuk dimensi transaksi, desain situs, dan interaktif. Sedangkan program insentif tidak memberikan pengaruh terhadap daya saing.

References

Ahdiat, A. (2021). Indonesia Punya UMKM Terbanyak di ASEAN, Bagaimana Daya Saingnya

Ahdiat, A. (2022). Ini Sektor UMKM yang Banyak Manfaatkan Teknologi Digital.

Al Aidhi, A., Ade, M., Harahap, K., Rukmana, A. Y., Palembang, S. P., & Bakri, A. A. (n.d.). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi. In Jurnal Multidisiplin West Science (Vol. 2, Issue 02).

Anggriani Saputri, S., Berliana, I., Nasrida, M., Ekonomi Dan Bisnis, F., & Palangka Raya, U. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Indonesia. 3(1).

Armutcu, B., Tan, A., Amponsah, M., Parida, S., & Ramkissoon, H. (2023). Tourist behaviour: The role of digital marketing and social media. Acta Psychologica, 240. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.104025

Aziza, R. F. A. (2019). Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Tokopedia Menggunakan Metode Heuristics Evaluation. Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 7. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.265

Bisnis, J. M., Saing, D., & Alwendi, U. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan. 17(3). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Chaffey, D., Mayer, F. E.-C. R., & Johnston, K. (n.d.). Third Edition Internet Marketing Strategy, Implementation and Practice.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. JANUARY 1998.

Correia, R. J., Dias, J. G., & Teixeira, M. S. (2020). Dynamic capabilities and competitive advantages as mediator variables between market orientation and business performance. Journal of Strategy and Management, 14(2), 187–206. https://doi.org/10.1108/JSMA-12-2019-0223

Del-Aguila-Arcentales, S., Alvarez-Risco, A., & Yáñez, J. A. (2023). Innovation and its effects on compliance with Sustainable Development Goals and competitiveness in European Union countries. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100127

Dellasari, D., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh Customer Experience Dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention Pada Brand Fashion Erigo. E-Proceding of Management, 7(2), 6313.

Dimitrios, B., Ioannis, R., Angelos, N., & Nikolaos, T. (2023). Digital marketing: The case of digital marketing strategies on luxurious hotels. Procedia Computer Science, 219, 688–696. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.01.340

Fitriani, Fajar Noorrahman, M., & Jumaidi. (2024). Efektivitas Program Pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UKM Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Pelayanan Publik, 1(1).

Gao, Y., & Liu, H. (2023). Artificial intelligence-enabled personalization in interactive marketing: a customer journey perspective. Journal of Research in Interactive Marketing, 17(5), 663–680. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2022-0023

Gunardi, A. R. LAW (2020). Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 61-68. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v3i1.134

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Second Edi). Sage.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis Multivariate Data Analysis (Eighth). Cengage.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2023). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813

Haryanti, S., Mursito, B., Prodi, S., Fe, M., & Surakarta, U. (n.d.). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta.

Hasanah, A., & Ibrahim, H. (2023). Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Internasional Pada Era Globalisasi. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2572–2576. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13317

Juliana, Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaen, J. (2022). Marketing Strategy in Digital Era.

Kazemi, F., & Soltani, F. (2024). The energy industry’s response to competitive intelligence in green marketing (case study of Qatar). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100192

Ma, I., Rizka Indah, B. W., Imaniar Rizqi, E., Kustiningsih, N., & Studi Fakultas Ekonomi Akuntansi Kampus STIE Mahardhika, P. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada UMKM D’ELIXIR. 2(2). https://doi.org/10.46306/rev.v2i2

Maylista, S., Wijayanto, G., & Noviasari, H. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Daya Saing dan Kinerja Pemasaran. Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 01(02), 167–178.

MSME Epowerment Report 2022 Hal 20. (n.d.). Survei: 70% UMKM di Indonesia Masih Kesulitan Memasarkan Produk.

Nawir, F., Syarief, A., & Irfansyah, &. (2018). Pengaruh Tingkat Usability Desain Responsif Web Mobile Perguruan Tinggi Terhadap Persepsi Pengguna (Vol. 7).

Pradiani, 2017. (n.d.).

Rayyani, W. O., Nur Abdi, M., Winarsi, E., & Warda. (2020). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Optimalisasi Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97–105.

Santana, M., Adiyadnya, P., Ayu, I., & Yuliastuti, N. (2020). Efektivitas Program Kredit Usaha Rakyat Terhadap Pendapatan Pedagang UMKM DI Kecamatan Denpasar UTARA. Majalah Ilmiah Solusi, 18(3). http://journals.usm.ac.id/index.php/solusi

Sarstedt, M., Hair, J. F., Cheah, J., Becker, J., & Ringle, C. M. (2019). How to specify, estimate, and validate higher-order constructs in. Australasian Marketing Journal (AMJ), 27(3), 197–211. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2019.05.003

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013a). Research Methods for Business (15th ed.). John Wiley & Sons.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013b). Research Methods for Business (15th ed.). John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed method) (2, Ed.). Alfabeta.

Tanera, L. (2023). Tantangan Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Dan Trasformasi Digital Dalam Bisnis Waralaba. In Jurnal Multilingual (Vol. 3, Issue 3).

Teguh Saputra, H., Maryatul Rif, F., & Andrianto, B. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. In Journal Economy Management Business and Entrepreneur: Vol. I.

Umar, H. (2010). Desain penelitian manajemen strategik: cara mudah meneliti masalah-maslah manajemen stratejik (1st ed.). RajaGrafindo Persada.

Wardhana, A. (2022). The Art Of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi MileniAL. https://www.researchgate.net/publication/368666131

Widyastuti, P. (2019). Mengukur Loyalitas Konsumen Ritel Grocery Store di Jakarta. In Jurnal Transaksi (Vol. 11, Issue 2).

Zaragoza-Sáez, P., Marco-Lajara, B., Úbeda-García, M., & Manresa-Marhuenda, E. (2024). Exploratory and co-exploratory innovation. The mediating role of digitalization on competitiveness in the hotel industry. Technological Forecasting and Social Change, 199. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123069

Downloads

Published

2024-04-15