PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Nabila Nur Aulia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Meita Pragiwani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56244/jimia.v17i2.775

Abstract

Abstract The purpose of this research is to determine the effect of service quality on purchasing decisions, to find out the effect of price on purchasing decisions, to find out the effect of service quality on customer satisfaction, to find out the effect of price on customer satisfaction, to find out the effect of customer satisfaction on purchasing decisions, to find out the influence of service quality on purchasing decisions through customer satisfaction, and to determine the influence of price on purchasing decisions through customer satisfaction among undergraduate students at the Indonesian College of Economics, Jakarta. The research method in this study uses a survey method, the type of data used is quantitative data, the data source used is primary data. The population in this study were students at the Jakarta Indonesian College of Economics who were registered in the Statistical Data Processing program at LMPM for the 2018-2023 period, namely 160 respondents. The total number of samples is taken, but if the population is greater than 100 people, then 10-15% or 20-25% of the population can be taken. Respondent data was taken from 2 study programs, namely Accounting and Management. So the sample in this study amounted to 100 people. The data collected from the questionnaire was aggregated, then processed using the Path Analysis model. This analysis was assisted with the help of SmartPLS 3.0 software. The results of the study concluded that there is no influence of service quality on purchasing decisions, there is no influence of price on purchasing decisions, there is an influence of service quality on customer satisfaction, there is an influence of price on customer satisfaction, there is an influence of customer satisfaction on purchasing decisions, there is an influence of service quality on decisions purchasing through customer satisfaction. There is an influence of price on purchasing decisions through customer satisfaction. Keywords: Service Quality, Price, Customer Satisfaction, Purchasing Decisions   Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelangan terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan, dan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan pada mahasiswa S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode survei, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta yang terdaftar di program Data Olah Statistik pada LMPM periode tahun 2018-2023, yaitu sebanyak 160 responden. Jumlah sampel diambil secara keseluruhan, tetapi jika populasinya lebih besar dari 100 orang, maka bisa diambil 10-15% atau 20-25% dari jumlah populasinya. Data responden diambil dari 2 Program Studi yaitu Akuntansi dan Manajemen. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Data yang terkumpul dari kuesioner diatbulasi, selanjutnya diolah menggunakan model Path Analysis. Analisis ini dibantu dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menyimpulkan Tidak terdapat terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, Tidak terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, Terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, Terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian, Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan, Terdapat pengaruh pengaruh harga terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan. Kata Kunci:        Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian

References

Amilia, Suri. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 6, No. 1.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Herni Justiana. (2012). Analisis Kepuasan Konsumen (Servqual Model dan Important Performance Analysis Model). Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah.

Berry, L.L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V.A. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Business

Furadantin, N.R. (2018). Analisis Data Menggunakan Aplikasi Related Papers. Academia (accelerating the worlds research), 1-8.

Gunardi, N., & Disman, M. S. (2023). The Effect Of Money Supply And Interest Rate On Stock Price. Journal of Survey in Fisheries Sciences, 10(4S), 100-111.

Garaika & Feriyan, Winda. (2018). Promosi dan Pengaruhnya Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. Vol 16 (1): Hal. 21-27.

Ghozali, I., (2015) Structural Equatin Modeling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_________. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanayasha, J.R.M. Abdullah, H.H., & Warokka, A. (2011). Service Quality And Students’s Satisfaction At Higher Learning Institution: The Competing Dimensions Of Malaysian Universities’ Competitiveness. Journal of Southeast Asian Research. Vol 2011, No 2.

Hasibuan, Malayu. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Isnaini, Mutmainnah. W, Dewi Kusuma & Noviani, Leny. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi. Vol 1, No. 2.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip & Grey Armstrong. (2018). Principles of Management. Edisi 15. Global Edition. Pearson.

Kusnendi. (2014). Analisis Jalur Konsep dan Aplikasi Program SPSS. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lupiyoadi, Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat dan Ikhsan, Ridho Bramulya. (2015). Prkatikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nawawi, Hadari. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prasetio, Ari. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal 1 (4) (2012).

Saladin, Djaslim. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Schiffman, Kanuk. (2010). Perilaku Konsumen. Edisi 10. Indeks: Jakarta

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belaajr Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudarsono, Heri. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

_______. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Suryani. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global Menciptakan Nilai Unggul Untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: Prenadamedia.

Tjiptono, Fandy. (2011). Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: CV Andi.

____________, (2012). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy dan Anastasia. (2000). Prinsip & Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J&JLearning

Wijaya, A. (2019). Metode Penelitian Menggunakan SmartPLS. 3.0. Edisi Pertama. Yogyakarta: Innosain 2019.

Yenni, Arfah. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Downloads

Published

2023-10-15